Dear TS2 yang akan segera menyusul jadi dokter,

Yah...memang begitulah keadaan di negeri kita tercinta ini.
Sebagai rakyat dan warga negara yang baik, kita hanya bisa mengikuti segala
prosedur yang ada.

Saya sendiri baru lulus dokter, namun saya telah mengikuti ujian kompetensi.
Sekarang saya sedang menunggu STR. Saya lulus bulan Juni 2007, ikut ujian
kompetensi bulan Oktober 2007 dan sampai sekarang belum ada kabar mengenai STR
saya.
Memang menjadi seorang dokter sangat melelahkan dan harus bersabar. Saya juga
merasakan, waktu saya terbuang sangat banyak untuk mengurus ini dan itu yang
tidak tau kapan selesainya.
Belum lagi setelah kita jadi dokter, dituntut ini itu sama pasien.
Yah...menurut saya, profesi dokter memang pengabdian (meskipun entah mengabdi
pada siapa).

Saran dari saya, untuk teman2 yang baru lulus dan bingung mau menempuh jalan
apa sambil menunggu, sebaiknya mulai dari sekarang tentukan dahulu apakah ingin
ambil spesialis atau hanya sekedar dokter umum? Apabila ingin ambil spesialis,
maka langkah yang harus ditempuh adalah mencari ilmu sebanyak2nya dengan
mengikuti seminar2 atau kursus2, sambil mencari tau tempat PTT atau syarat2 apa
saja yang dibutuhkan bila ingin spesialis. Jadi nanti apabila STR sudah jadi
dan universitas yang kita inginkan sudah membuka pendaftaran spesialis, kita
bisa langsung mendaftar dan sudah punya modal untuk berperang.
Nah..untuk teman2 yang tidak ingin mengambil spesialis, mungkin bisa mencoba
untuk mendaftar di perusahaan obat. Gaji lumayan, bisa mencari pengalaman lain
dan bisa mendapat teman2 baru, baik yang seprofesi maupun tidak, sambil
menunggu surat2 keluar. Atau bisa juga ikut kursus2, untuk menambah ilmu pada
saat praktek nanti.

Sebetulnya, banyak koq yang bisa kita lakukan setelah kita lulus, meskipun kita
belum memiliki ijin praktek. Kita tidak boleh tergantung pada keadaan dan
menyerah begitu saja. Jangan cuma mengeluh dan berpasrah!!! Semua tergantung
pada diri kita sendiri. Jadi..jalan mana yang ingin kalian pilih?
Semoga tulisan ini dapat memberi sedikit titik terang untuk adik2 dan teman2
sekalian.

Salam kenal,

-Anita-