dear all,

saya juga ngalamin hal yg sama ...ga jelas mau ngapaian setelah lulus dokter
sambil tunggu STR....

ada sih bbrp kawan yg bekerja di pabrik obat ....pengalaman kawan saya di salah
satu pabrik obat lokal ( bukan asing )
gaji tinggi dan posisi enak itu di dapat setelah mencapai level PM ( product
manager ) .. yg biasanya minimal 4 tahun deh kalo karir kita terbilang oke
disana .....kalo baru masuk sih gaji standar aja kaya lulusan S1 gitu ....trus
gabung gabung ma lulusan apoteker yg notabene juga fresh graduate dan lebih
muda dari kita ( abis kuliahnya cuma 4 tahun )...kadang malu juga hahahahh...

trus ada yg blg kalo lulusan dokter di pabrik obat lbh di hargai ....hem
rasanya ga bener juga sih menurut kawan saya ....
tetep aja kita bisa di maki maki ma apoteker ( khan ada pm yg apoteker )
....dan kenaikan jabatan untuk dokter juga tidak lebih cepat dari apoteker (
seperti yg biasanya di degung degungkan ) ...apoteker yg berhasil jadi PM dalam
waktu sama kaya dokter juga banyak ....jadi intinya kalo masuk pabrik obat
dokter itu sama aja kaya apoteker ....ga ada lebihnya ....prestasi kita lah yg
menetukan kita oke atau ga karir di pt itu , gelar dokternya ga di anggap ....

tapi ya kalo di pikir soal penghasilan ...dalam 4-5 tahun jadi Pm dengan
fasilitas dan gaji tinggi jauh lbh baik dari pada kalo jalan dokter umum paling
baru kelar PTT...atau di PPDS belum berpenghasilan malah .....nah biasanya itu
sih pertimbangan rekan dokter yg masuk pabrik obat ....

sharing aja ...anyway  kalo temen temen ada yg sharing lagi ttg dokter yg
'pindah jurusan " saya tertarik denganr..
anyway ada yg punya pengalaman kerja di asurassi kesehatan ? kaya prudential
gitu jadi medical writer ? kalo ada boleh share ga ???

intinya kita ngapain neh sambail tunggu STR ??? sharing dongk

Subject: Re: [Dokter Umum] Re: O o T , Minta saran setelah Co Ass lalu ?

Dear TS2 yang akan segera menyusul jadi dokter,

Yah...memang begitulah keadaan di negeri kita tercinta ini.

Sebagai rakyat dan warga negara yang baik, kita hanya bisa mengikuti segala
prosedur yang ada.

Saya sendiri baru lulus dokter, namun saya telah mengikuti ujian kompetensi.
Sekarang saya sedang menunggu STR. Saya lulus bulan Juni 2007, ikut ujian
kompetensi bulan Oktober 2007 dan sampai sekarang belum ada kabar mengenai STR
saya.

Memang menjadi seorang dokter sangat melelahkan dan harus bersabar. Saya juga
merasakan, waktu saya terbuang sangat banyak untuk mengurus ini dan itu yang
tidak tau kapan selesainya.

Belum lagi setelah kita jadi dokter, dituntut ini itu sama pasien.

Yah...menurut saya, profesi dokter memang pengabdian (meskipun entah mengabdi
pada siapa).

Saran dari saya, untuk teman2 yang baru lulus dan bingung mau menempuh jalan
apa sambil menunggu, sebaiknya mulai dari sekarang tentukan dahulu apakah ingin
ambil spesialis atau hanya sekedar dokter umum? Apabila ingin ambil spesialis,
maka langkah yang harus ditempuh adalah mencari ilmu sebanyak2nya dengan
mengikuti seminar2 atau kursus2, sambil mencari tau tempat PTT atau syarat2 apa
saja yang dibutuhkan bila ingin spesialis. Jadi nanti apabila STR sudah jadi
dan universitas yang kita inginkan sudah membuka pendaftaran spesialis, kita
bisa langsung mendaftar dan sudah punya modal untuk berperang.

Nah..untuk teman2 yang tidak ingin mengambil spesialis, mungkin bisa mencoba
untuk mendaftar di perusahaan obat. Gaji lumayan, bisa mencari pengalaman lain
dan bisa mendapat teman2 baru, baik yang seprofesi maupun tidak, sambil
menunggu surat2 keluar. Atau bisa juga ikut kursus2, untuk menambah ilmu pada
saat praktek nanti.

Sebetulnya, banyak koq yang bisa kita lakukan setelah kita lulus, meskipun kita
belum memiliki ijin praktek. Kita tidak boleh tergantung pada keadaan dan
menyerah begitu saja. Jangan cuma mengeluh dan berpasrah!!! Semua tergantung
pada diri kita sendiri. Jadi..jalan mana yang ingin kalian pilih?

Semoga tulisan ini dapat memberi sedikit titik terang untuk adik2 dan teman2
sekalian.

Salam kenal,

-Anita-