--- In dokter_umum@yahoogroups.com, "Sir E.Q.o.H." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Iyah, bener juga tuh...
> Emang yg bener tu buka ruko 2 pintu, jual textil ato apa lah.... ky
senior saya yg tinggalin kuliahnya krn terusin usaha orang tuanya,
sebulan di luar hari2 besar bisa dpt 8jt an, kalo ramadhan diatas 16an.
> Atau cari modal buka ladang sawit, harganya lagi naik2nya dan
bakalan naik terus karena sumber bahan bakar masa depan (bio fuel). 1
hektar 1 bulan 1jt, dengan ersiko penggundulan hutan kalo buka lahan baru.
> Suuusssaaahhhhhh jadi dokter sekarang. Dolo gitu tamat langsung
dilamar jadi PNS!!
> Cape deeeee..............!!! -_-'
>

> Karli <[EMAIL PROTECTED]> ha scritto:                               Sharing
aja yah...
>    Sepupuku satu ada yang setelah lulus dokter, dia melanjutkan ke
magister managemen dan kemudian kerja sebagai analyst di GE finance...
kalau soal penghasilan, jaman sekarang ini kerja di bidang keuangan
rata2 starternya lebih tinggi daripada kerja di bidang lain...

>    Lalu ada satu temanku, yang bosen setelah praktek dokter umum
lama, dan memang dia suka berkeliling, jadi dia freelance untuk jualan.

>  Ada juga yang ke farmasi seperti di bawah, dan memang kalau awalnya
tidak jadi detailer, pada saat naik ke PM, itu penghasilannya dibawah
dari yang awalnya dari detailer naik ke PM...

>    Ada satu saudara dari pihak istri yang masuk ke asuransi
manulife, deskjob, untuk cek2-in polis orang. Akhirnya dia boring,
sekarang bantu2 suami di toko. Salahnya, dia waktu masuk ke asuransi
itu belum dikelarin PTT dan lain lain sehingga ijin prakteknya tidak
keluar... Sekarang mau lanjutin ke sana setelah jadi ibu, dia sudah
tidak ada waktu...

>  Ciao!
>
>  angelia lestari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>

>  dear all,
>
>  saya juga ngalamin hal yg sama ...ga jelas mau ngapaian setelah
lulus dokter sambil tunggu STR....

>  ada sih bbrp kawan yg bekerja di pabrik obat ....pengalaman kawan
saya di salah satu pabrik obat lokal ( bukan asing )
>  gaji tinggi dan posisi enak itu di dapat setelah mencapai level PM
( product manager ) .. yg biasanya minimal 4 tahun deh kalo karir kita
terbilang oke disana .....kalo baru masuk sih gaji standar aja kaya
lulusan S1 gitu ....trus gabung gabung ma lulusan apoteker yg notabene
juga fresh graduate dan lebih muda dari kita ( abis kuliahnya cuma 4
tahun )...kadang malu juga hahahahh...

>  trus ada yg blg kalo lulusan dokter di pabrik obat lbh di hargai
....hem rasanya ga bener juga sih menurut kawan saya ....
>  tetep aja kita bisa di maki maki ma apoteker ( khan ada pm yg
apoteker ) ....dan kenaikan jabatan untuk dokter juga tidak lebih
cepat dari apoteker ( seperti yg biasanya di degung degungkan )
...apoteker yg berhasil jadi PM dalam waktu sama kaya dokter juga
banyak ....jadi intinya kalo masuk pabrik obat dokter itu sama aja
kaya apoteker ....ga ada lebihnya ....prestasi kita lah yg menetukan
kita oke atau ga karir di pt itu , gelar dokternya ga di anggap ....

>  tapi ya kalo di pikir soal penghasilan ...dalam 4-5 tahun jadi Pm
dengan fasilitas dan gaji tinggi jauh lbh baik dari pada kalo jalan
dokter umum paling baru kelar PTT...atau di PPDS belum berpenghasilan
malah .....nah biasanya itu sih pertimbangan rekan dokter yg masuk
pabrik obat ....

>  sharing aja ...anyway kalo temen temen ada yg sharing lagi ttg
dokter yg 'pindah jurusan " saya tertarik denganr..
>  anyway ada yg punya pengalaman kerja di asurassi kesehatan ? kaya
prudential gitu jadi medical writer ? kalo ada boleh share ga ???

>  intinya kita ngapain neh sambail tunggu STR ??? sharing dongk
>
>  Subject: Re: [Dokter Umum] Re: O o T , Minta saran setelah Co Ass
lalu ?

>  Dear TS2 yang akan segera menyusul jadi dokter,
>
>  Yah...memang begitulah keadaan di negeri kita tercinta ini.
>
>  Sebagai rakyat dan warga negara yang baik, kita hanya bisa
mengikuti segala prosedur yang ada.

>  Saya sendiri baru lulus dokter, namun saya telah mengikuti ujian
kompetensi. Sekarang saya sedang menunggu STR. Saya lulus bulan Juni
2007, ikut ujian kompetensi bulan Oktober 2007 dan sampai sekarang
belum ada kabar mengenai STR saya.

>  Memang menjadi seorang dokter sangat melelahkan dan harus bersabar.
Saya juga merasakan, waktu saya terbuang sangat banyak untuk mengurus
ini dan itu yang tidak tau kapan selesainya.

>  Belum lagi setelah kita jadi dokter, dituntut ini itu sama pasien.
>
>  Yah...menurut saya, profesi dokter memang pengabdian (meskipun
entah mengabdi pada siapa).

>  Saran dari saya, untuk teman2 yang baru lulus dan bingung mau
menempuh jalan apa sambil menunggu, sebaiknya mulai dari sekarang
tentukan dahulu apakah ingin ambil spesialis atau hanya sekedar dokter
umum? Apabila ingin ambil spesialis, maka langkah yang harus ditempuh
adalah mencari ilmu sebanyak2nya dengan mengikuti seminar2 atau
kursus2, sambil mencari tau tempat PTT atau syarat2 apa saja yang
dibutuhkan bila ingin spesialis. Jadi nanti apabila STR sudah jadi dan
universitas yang kita inginkan sudah membuka pendaftaran spesialis,
kita bisa langsung mendaftar dan sudah punya modal untuk berperang.

>  Nah..untuk teman2 yang tidak ingin mengambil spesialis, mungkin
bisa mencoba untuk mendaftar di perusahaan obat. Gaji lumayan, bisa
mencari pengalaman lain dan bisa mendapat teman2 baru, baik yang
seprofesi maupun tidak, sambil menunggu surat2 keluar. Atau bisa juga
ikut kursus2, untuk menambah ilmu pada saat praktek nanti.

>  Sebetulnya, banyak koq yang bisa kita lakukan setelah kita lulus,
meskipun kita belum memiliki ijin praktek. Kita tidak boleh tergantung
pada keadaan dan menyerah begitu saja. Jangan cuma mengeluh dan
berpasrah!!! Semua tergantung pada diri kita sendiri. Jadi..jalan mana
yang ingin kalian pilih?

>  Semoga tulisan ini dapat memberi sedikit titik terang untuk adik2
dan teman2 sekalian.

>  Salam kenal,
>
>  -Anita-

salam,..

repot juga yak,.
blomj dokter za tuntutanya dah ini itu,. baru za mhasiswa smt 4 dah d
d tuntut ini itu sama masyarakat,. orang tua malah nyuruh pindah
segala, padahal sayang dah 2taun jadi mhsswa FK,. susah kan
masuknya... eh pas udah masuk di suruh pindah.... nasib..

tetep smangat za,. taun ni d srh ngambil lagi, klo ga managemen yaaaa
psikologi... huh.. umur Q ini lho yang ga bisa d ajak kompromi...

TETEP SMANGAT DOKTER INDONESIA,..

senyum dunk!!!

salam 1juta semangat

-ayu-