Menjadi dokter bukanlah cara tujuan utama seseorang tapi lebih kearah sebuah
cara untuk mencapai tujuan.

  Ada beberapa orang yang menjadi dokter karena menyukai prosefi nya, terpuji
dan sifatnya menolong orang lain secara langsung face to face, minjem istilah
tukul nya.

  Ada juga beberapa orang dokter yang ingin memiliki sebuah usaha bersama dalam
bentuk klinik atau rumah sakit kecil yang tujuannya supaya bisa lebih banyak
menolong banyak orang lain disamping meningkatkan income juga.

  Ada juga sedikit orang yang menjadi dokter karena ortu nya ingin memiliki
bisnis rumah sakit besar, selesau kuliah kedokteran anaknya langsung ambil MM
yang katanya supaya bisa memanage rumah sakit nantinya.

Saya juga pernah dengar seorang dokter yang karirnya sangat baik, saat ini
mungkin menjabat sebagai ketua ikatan dokter spesialis xxx, lifestyle nya luar
biasa dan menjadi idaman setiap dokter dokter muda, disaat ortunya meninggal
dunia dia diwariskan sebuah yayasan panti asuhan dengan mandat ortu yang
menyatakan untuk meneruskan yayasan tersebut, apa boleh buat terpaksa dia harus
running bisnis lain agar bisa menutupi cost bulanan yayasan tersebut, ternyata
penghasilan seorang dokter profesional masih ada batasnya juga.

  Jadi...menjadi dokter atau tidak nantinya itu terserah anda, mungkin saja
anda bisa menjadi lebih baik di profesi non medis seperti drg. Fadli misalnya,
atau kalau menjadi dokter dgn gaji kecil atau gaji besar....lakukan aja dengan
tulus dan sesuai dengan talenta anda, anggaplah anda lakukan itu untuk melayani
Tuhan.

  Salam

Karli <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Ibuku drg lulusan trisakti, masih tetap praktek...
Gank main ibuku juga lulusan dr. gigi trisakti... ada 15 orang, hanya 3 yang
praktek dokter gigi.

Satu orang yang aku tahu jualan pupuk karena kakaknya punya pabrik pupuk,
Satu orang punya pabrik kok bulu tangkis,
Satu lagi peternak ayam,
banyak yang sekarang jadi ibu rumah tangga saja...
Lalu drg yang baru masuk di RS tempat ibuku kerja, ada satu yang nyambi jadi
agent pru...

Tapi ada juga yang satu keluarga, anak-anaknya pada jadi dokter gigi juga
mengikuti ibunya...

Arland <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear all,

Terima kasih pada rekan-rekan semua yang sudah menyumbangkan pengalamannya
masing-masing tentang nasib para lulusan dokter di Indonesia.

selama ini yang diceritakan adalah lulusan dokter umum ya kalo ga salah.
Bagaimana ttg pengalaman menjadi seorang dokter gigi, apakah ada lagi yang mau
share pengalaman pribadi, keluarga atau rekan sejawat tentang para lulusan
dokter gigi di indonesia?

Dan apakah ada perbedaan antara lulusan dokter dari perguruan tinggi negeri
dengan perguruan tinggi swasta ?

Terima kasih sebelumnya bagi yang mau menceritakannya.

Salam,
Arland-Jkt.