Fungsi ginjal
Eliminasi obat/vitamin melalui ginjal berbanding lurus dengan laju
filtrasi glomerulus (GFR) atau fungsi ginjal, yang ditentukan
dengan mengukur klirens kreatinin (ClCr). Klirens kreatinin
sebanding dengan produksi kreatinin dan berbanding terbalik
dengan kreatinin serum (CCr), sedangkan produksi kreatinin
sebanding dengan berat badan (massa otot adalah sumber kreatinin)
dan berbanding terbalik dengan umur, maka klirens
kreatinin dapat dihitung dari kreatinin serum menurut formula
dari Cockcroft & Gault (1976),
dimana ClCr dalam ml/menit, umur dalam tahun, berat badan
dalam kg, dan CCr dalam mg/dl.
�
Untuk lebih jelasnya lagi browsing aja di internet........banyak banget tuh
info-info yang lain yang berkaitan dengan ginjal.

Best Regards,

Bayu Mardhika Atmadi

Jl. Mayjend Sutoyo, Gn. Malang
Kelurahan Klandasan Ilir