Fatwa itu bikinan manusia, tergolong hasil ijtihad sejumlah orang.
Itu sah saja. Ya kalau Anda setuju mereka, silahkan jalani dan ikuti
mereka.

Saya tidak seperti Anda. Saya punya pemikiran/ijtihad yang lain dari
itu. Jadi saya punya jalan yang berbeda dari Anda. Karenanya saya
punya fatwa sendiri untuk diri saya sendiri. Kalau ada yang mau ikut
fatwa saya, silahkan saja, tidak ada pemaksaan, tetapi haruslah
lewat pemikiran yang kritis dan jangan asal telan, sebab saya tidak
menggunakan kekuasaan uhtuk menyebarkan fatwa saya ini, melainkan
sekedar kewajiban saling mengingatkan dengan jalan berkesabaran.

Laa ikraha fiddien, bukan?

Nah, nanti di akhirat kita pertanggung-jawabkan masing-masing dan
sendiri-sendiri.

Ikra.-

--- In ekonomi-nasional@yahoogroups.com, "Teuku Deddy"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
riba " dan ini
> sudah ada fatwanya...
> coba dong dicek:
> http://www.myquran.org/forum/archive/index.php/t-9054.html
>
> sekarang kita gak perlu perdebatkan lagi yg memang sudah ada
fatwanya...
> kalo anda muslim silahkan ikuti, jika bukan juga silahkan anda
abaikan
> seperti contohnya, daging babi itu haram
> sampai kapanpun jika memang ketentuan demikian, walaupun daging
babi itu
> dipelihara oleh seorang kyai, diternak dengan baik, bersih jauh

Asuransi pun
> termasuk RIBA, Terlarang

Has someone you know been affected by illness or disease?
Network for Good is THE place to support health awareness efforts!
http://us.click.yahoo.com/Rcy2bD/UOnJAA/cosFAA/GEEolB/TM