Stratigrafi ya mencari ultimate penyusunan lapisan secara urutan umur
pengendapan.
Bisa di dekati dengan macam-macam data:
- seismik ( perlapisan, amplitudo, karakter seismik korelasi dengan
lingkungan pengendapan, ukuran butir, strukture mikro-makro, dll).
- lingkungan pengendapan batuan : darat, delta, laut dalam, temperature dari
tropik ke cuaca kutub, curah hujan, kondisi tumbuhan misal hutan, fosil,
dll.
- ukuran butir, porositas, densitas, dll,
- tektonik evolution,
- umur batuan dengan berbagai metode dengan akurasinya.
- kemagnitan: besar dan arah.
- dari data gravitasi,
- dll, apa sajalah, termasuk yang belum ditemukan cara penentuan strat tadi.
( disingkat : yah semua yang bisa membantu kebenaran ultimate penyususan
perlapisan itu!).

Masing-masing cara/data punya kelemahan, tapi semakin banyak data yang di
integrasikan maka kesalahan pemodelan/prediksinya semakin kecil.

Begitu?

Salam,
Maryanto.