From: andi aji <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [fogri] Stratigrafi: Facies Analysis...
Date: Thu, 1 Jul 2004 12:13:16 -0700 (PDT)

cuma ikut menambahkan mengenai seismic facies,

metoda mendekati facies geologi dari seismic ada berbagai macam cara, salah satunya dengan pendekatan terhadap "wave-shape". dan pendekatannya juga bisa bermacam-macam dari initial model yang di"create" dari well (supervised-model) dan yang di"create" tanpa membutuhkan well (unsupervised-model). algoritma dari unsupervised dan supervised model pun bermacam-macam dari K-mean clustering , PCA (principal component analysis), projection pursuit sampai neural network. setiap metoda memiliki keunggulan dan kesetabilan. pendekatan facies dilakukan dengan clustering wave-shape seismic kedalam intilal classes yang ada.

image yang ditampilkan seismic facies dengan wave-shape classifier untuk deltaic enviro. sudah banyak yang dipublikasikan tetapi untuk karbonat enviro. banyak dicontohkan untuk basin yang ada di Texas sono. keunggulan wave-shape classifier dapat dilihat pada kasus fluvial channel deposit di natuna yang dapat mengidentifikasi strike-slip terhadap channel. Di ecuador sempat ada yang mengkuantitatifkan nilai facies seismic ini ke porosity, dan ternyata sukses.....

metoda ini jarang dipergunakan...entah kenapa?? validasinya dapat mempergunakan petro-accoustic model......ya, memaang harus lari kesumur-sumur juga karena dari situlah semua semua justifikasi seismik berasal??. sangat power-full untuk daerah yang relatif kecil pengaruh strukturnya....kalo udah dasyat strukturnya....alamat ngak bisa digunakan....

maaf kalo banyak kekurangan, mungkin ada yang ingin menambahkan??? untuk share informasi saya terbuka untuk itu........

best regards,

andi_w_aji (awaz)

KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus <[EMAIL PROTECTED]> wrote: facies itu kan pembagian suatu batuan / rock dengan setiap cirinya....
cirinya bisa macem - macem tergantung kita bicara pada bidang apa...

mis : kalau di petrophysic suatu batuan dibagi faciesnya berdasarkan vol
clay,porosity, atau kadang permeability.
kalau di sedimentology lebih ke arah struktur sedimen dan ciri
sedimentologinya...
nah kalau di seismic apa ciri pembagian suatu facies...? kan dari seismic
cuma ada garis - garis yang menunjukan AI dan kemenerusan sequence
nah sementara pembagian faciesnya ditentukan oleh apa..?
apakah oleh atribut...? perlu inversi enggak ya..? kalau perlu inversi
berarti perlu data logs juga, yang berarti definisi facies di seismic
lebih didrive dari logs...dan kemudian kemenerusannya baru dari
seismic....

Mungkin ada yang mau menambahkan

Regards

Ferdinandus Kartiko Samodro
TOTAL E&P Indonesie Balikpapan
DKS/TUN/G&G
0542- 533852

01/07/2004 01:07 AM Please respond to fogri

To: cc: Subject: RE: [fogri] Stratigrafi: Facies Analysis...

Bener juga, dan kita di oil kumpeni selalu fasies disamaratakan dengan depotitional environment, sehingga langsung fasies distributary mouth-bar delta front---> bikin rekan-rekan di universitas bingung, apalagi yang skripsi di oil kumpeni....

Rock facies persis apa seperti yang dikataken pak Rovicky, misal
batugamping nummulites (ada ciri biologi-->umur, fisik-->gamping,
kimia-->CaCO3) tapi jangan lalu batugamping orbulina --> ini mah dagelan,
nah dengan ciri fisik,kimia, biologi inilah dilakukan untuk menentukan
lingkungan pengendapan.

Seismik fasies sebenarnya sama, dengan melihat dengan parameter atribut
seismik, dll. nah dengan itu semua dilakukan untuk pendekatan didalam
menentukan lingkungan pengendapan. Kan setiap lingkungan membutuhkan
parameter" tertentu (mohon koreksi?) nah dengan inilah maka kita bisa
interpreted the depotitonal environment, is it logic? yup.... different
pathway, but both of them have the same purpose... how to make it logic :)

:) Prakoso, A.

Protect your PC - get McAfee.com VirusScan Online http://clinic.mcafee.com/clinic/ibuy/campaign.asp?cid=3963