Istilah fasies pertama kali digunakan didalam sedimen, saya lupa siapa
yang pertama menggunakannya... (perlu baca buku sedimen lagi kali'
hehehe), maka nama formasi pertama kali menggunakan fasies, seperti banyak
formasi di jawa timur menggunakannya, misal OK formation = orbitoid calc,
ini salah satu contoh.... OAF=Old andesite formation, dll.

Nah dari sini berkembanglah juga di hard rock, sehingga muncul juga
istilah fasies disana.. sampai sekarang ini, muncul banyak istilah
fasies.... dan secara tidak disadari, justru perusahaan-lah yang
melakukannya, sehingga adik-adik kampus+kampus terkadang rancu ketika ada
adik yg skripsi/KP yang pulang ke kampus... tetapi menggunakan istilah
fasies... bukan mencirikan sebagai karakter fisik, kimia dan biologi.

sehingga itu semua terpulang pada kita, apa tetap kekeh atau sedikit demi
sedikit merubahnya, karena fasies inilah dulu maka ada formasi. Nah
bingung lagi kan???
--
Nah klo seismik, itu ada diskontinyu/kontinyu, strong reflection atau
nggak, dll. dan hal inilah kita bisa intepretasi lingkungan pengendapan.

> [...]
> log, saya menggunakan data biostrat, cutting, sidewall core, fmi, thin
> section, well log, dan seismik.... ini sangat penting. kalau ada data
> core itu lebih baik...
>
> ini dilakukan dalam kerangka kerja eksplorasi, meskipun di development
> department biasanya juga melakukannya (menggunakan semua recources yang
> ada)... tetapi jarang hal ini saya lihat, kebanyakan ya.... cuma
> mengandalkan well log lalu tie in di seismik, dimana untuk karbonat...
> well log tergolong lemah (kurang meyakinkan). Tidak ada salahnya
mencoba... sekali lagi jangan dibalik