waduh sungguh diskusi yang suangat berharga nih, cuman dari masalah
nama dan marga saja saya jadi makin tertakjubkan dengan khasanah
budaya nusantara.
trus jadi miki2, koq berarti sebenarnya persinggungan2 budaya itu
dimana2 sama, misalnya panggilan waktu kecil, sebutan untuk tante/om,
dll dsb
kalo marga, bukanya di jawa juga ada trah? kan dulu ada tu yang trah
suromenggolo, atau yosodipuro dsbh dll hihihi...

hmm baca2 posting lagi aaah.. asik nih

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "anton_djakarta"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Godlip yang sering saya bingung adalah sejarah marga-marga, Pak
> Godlip bisa menjelaskan disini tentang terjadinya sejarah marga-
> marga. Maklum saya keturunan Jawa yang asing dengan nama marga,
> kenapa orang Jawa nggak punya nama marga karena ini masalah tanah,
> kepemilikan tanah yang rumit ini membuat orang Jawa tidak punya nama
> keluarga. Namanya sederhana saja, satu kalimat, sampai ada film
> Tarzan yang pernah nyebut nama singkat ini. Dulu Jane pernah nanya
> nama Tarzan, dijawab namanya cuman Tarzan saja, Jane jawab 'Kayak
> nama orang Jawa saja tidak ada nama keluarga"

> [...]

Kirim email ke