Maaf, Pak Moderator, sumber artikelnya bukan dari kompas..
Semoga diloloskan di milis.. :-)

Quote:
"..
 *Jakarta* - Wiranto saat menjabat Menhankam/Pangab pernah meminta agar
NAMRU-2 dihentikan. NAMRU-2 melakukan penyelidikan di laut yang membahayakan
pertahanan dan keamanan nasional.

"NAMRU melakukan penelitian di laut. Makanya Wiranto berang," kata pengamat
intelijen Wawan Purwanto dalam diskusi di Bidakara, Jl Medan Merdeka
Selatan, Jakarta, Jumat, (25/4/2008).
..
 *Jakarta* - Lewat surat, Menlu era Presiden Gus Dur, Alwi Shihab, sudah
memutuskan hubungan kerja sama dengan NAMRU tahun 2000. Setelah itu,
ternyata Pemerintah Indonesia dengan AS masih terus berunding untuk
memperpanjang operasional NAMRU.
..
 *Jakarta* - Ganti pemerintahan, ganti pula kebijakannya. Tampaknya pameo
ini yang terjadi dalam proyek NAMRU. Pemerintahan BJ Habibie berniat
hentikan proyek kerjasama dengan US NAVY itu, pemerintahan SBY malah
sebaliknya.

Fakta demikian dicerminkan tiga dokumen dari dua era pemerintahan itu. Dua
dokumen pertama adalah surat resmi yang dikirimkan Menhankam/Pangab Jenderal
Wiranto dan Menlu Ali Alatas pada yang masing-masing tertanggal 9 Nopember
1998 dan 19 Oktober 1999.

Meski terpaut 11 bulan, isi dua surat berklasifikasi konfidensial pada
Menkes RI dan Presiden RI tersebut sama. Yakni menyarankan penghentian
kontrak kerjasama proyek NAMRU mengingat manfaat IPTEK dan politis yang
diperoleh Pemerintah RI tidak sebanding dengan dampak negatif atas
pertahanan keamanan yang muncul.
..
Dokumen ketiga adalah pernyataan bersama Presiden SBY dengan Presiden George
W. Bush dalam pertemuan bilateral mereka di Istana Bogor pada 20 November
2006. Dua Kepala Pemerintah menyatakan mereka sepakat bekerjasama di bidang
medis untuk menangkal wabah infeksi menular, dan untuk keperluan ini
termasuk melanjutkan negoisasi melanjutkan proyek NAMRU-2.
.."

Pantesan aja Habibie 'didesak' untuk cepat" turun dari jabatan.. GD juga
begitu.. Mega yang
'berani' tidak memberikan ABB, dikalahkan..  sementara ada yang mendapat
'kado ultah'
berupa ledakan bom di kuningan..

Emang sih kalo udah cinta dan menganggap sebagai negara kedua, dibilang apa
juga egp..
yang penting, 'my love'.. :-p
CMIIW..

Wassalam,