Jangan samakan F-35 dengan F-22 Raptor,F-35 memang punya kemampuan
stealth,tapi sifatnya hanya semi stealth,belum masuk kategori stealth.Salah
dua dari beberapa sebab F-35 belum bisa dikategorikan sebagai pesawat full
stealth adalah yg seperti asya baca dan tonton dari beberapa sumber berikut
ini (diantaranya adalah Jane's Air Defense dan acara Future Weapons
Discovery Channel)

1.F-35 dirancang sebagai pesawat V/STOL (vertical/short take off and
landing,mendarat dan tinggal landas landasan pendek/vertikal),untuk
menunjang karakter VSTOL dibutuhkan sistem sembur jet (jet nozzle) dan
pemasukan udara (air intake) khusus yang relatif lebih besar dari sistem
pesawat stealth konvensional,lumayan berisik dan memancarkan tanda-tanda
infra merah (infra red signature) yang cukup besar.Sehingga meskipun sulit
dideteksi dengan perangkat berbasis gelombang elegtromagenetik seperti
radar,tapi tetap bisa dideteksi dengan perangkat pelacak tanda-tanda
inframerah.

2.masih berkaitan dengan poin 1,dengan adanya sistem nozzle dan air intake
khusus dalam bodi pesawat yang dirancang compact,tidak ada ruang penyimpanan
senjata internal (internal weapon bay),sehingga senjata F-35 harus dibawa di
luar bodi pesawat seperti dibawah sayap atau dibawah badan
(fuselage).Masalahnya,hanya sedikit senjata pesaawt tempur semisal bom dan
rudal yang dirancang bersifat stealth pula.Jadi tentu sifat siluman/stealth
akan berkurang bahkan mubazir jika bodi pesawat sudah bersifat stealth dan
sulit dideteksi radar tapi senjata yg dibawa tetap mudah dideteksi oleh
radar.

Dalam desain awalnya F-35 dirancang lebih sebagai pesawat tempur support
serbaguna atau pesawat tempur kelas menengah.Sebagai pembanding dengan
pesawat tempur generasi sebelumnya,maka F-35 ini setara F-16 atau
Mig-29,sementara untuk pesawat tempur utama adalah F-22 Raptor yang
sebanding dengan F-15 atau SU-27/Su-30/Su-35.

Sehingga,sepertinya keberadaan F-35 ini sudah cukup ditandingi dengan
membeli sistem radar dan rudal generasi terbaru yang punya sensitifitas
lebih tinggi untuk ditempatkan di wilayah-wilayah RI yg berbatasan dengan
Australia,tidak terlalu perlu memberli pesawat tempur baru (yang tentunya
harga dan biaya operasionalnya lebih mahal).

Satu lagi catatan saya,setahu saya,semasa operasi militer di Aceh,Su-27 baru
datang di akhir-akhir masa operasi (tahun 2003,perjanjian Helsinki
ditandatangani tanggal 15 Agustus 2005),dan ketika datang belum bisa
operasional penuh salh satunya karena belum dilengkapi sistem
persenjataan.Pesawat yang digunakan secara aktif di masa operasi militer
Aceh adalah pesawat serang darat BAe System Hawk 100 dan 200,satu lagi
adalah pesawat COIN (counter Insurgency) Rockwell OV-10 Bronco.Kok dugaan
saya,sekali lagi dugaan,pesawat yang disaksikan teman-teman GAM itu adalah
OV-10 Bronco yang memang sejak perang Vietnam biasa digunakan untuk
operasi-operasi melawan gerilyawan dan memang dirancang untuk bisa
"menggantung" (loittering,terbang dengan kecepatan rendah) diudara supaya
mudah membidik sasaran didarat.

Eh,tp tentunya miliser sekalian yang aktif di Industri Penerbangan atau di
TNI-AU lebih bisa menjelaskan soal ini.

NB : saya mencatat beberapa kali miliser menggunakan istilah-istilah
"jadul",hehe,untuk menyebut beberapa hal semisal : AURI (skrg TNI-AU),ABRI
(skrg TNI)

2009/5/8 Martin Widjaja <fmf7...@yahoo.com>

> Hebat juga Mas KM dengan analisanya , saya setuju tuh.
> Memang utk masa sekarang kekuatan militer kita
> nggak dipandang mata sama sekali oleh Aussie .
> Ancaman masa datang adalah dari RRT juga buat Indonesia.
> Cara perang sekarang juga lain , Indonesia nggak usah terlalu
> risau nggak punya pesawat tempur dll, yang penting sebenarnya
> bagaimana memperkuat perbatasan dgn segala fasilitas nya baik
> keamanan dan pembinaan masyarakat disana hingga bisa merasa
> masuk NKRI adalah benar dan tepat. Kalau selalu disepelekan
> atau dianak tirikan atau melarat karena di pusat korupsi melulu
> [...]

Kirim email ke