Dari tetangga sebelah....smoga menambah pembendaraan

Dengarkan Musik Dan Pasang Poster

Penanya : Didin M
Alamat :  Bumi Allah

Pertanyaan
Assalamu'alaikum Wr Wb Ba'da Tahmid wa Sholawat
Semoga Ustadz dan seluruh pengurus layanan ini senantiasa dilimpahkan
rahmat dan ridhoNya dan keistiqomahan dalam menjalankan amanah ini.
amiin
Pak Ustadz saya punya kebiasaan mendengarkan musik-musik yang bukan
bernuansa islami seperti nasyid, saya lebih suka dengarkan musik-musik
luar atau dalam negeri yang tidak bernuansa islami, juga saya punya
kebiasaan memasang poster-poster bergambar orang-orang yang dianggap
idola buat saya seperti musisi ataupun pemain bola luar negeri
apakah kebiasaan-kebiasaan itu haram hukumnya ?
Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi Rabbil `Alamin. Wash-shalatu
Was-Salamu `alaa Sayyidil Mursalin. Wa ba`d,
Musik dalam fiqih Islam memang tidak secara qath`i disepakati
keharamannya. Meski memang umumnya para ulama mengharamkannya, namun
bila kita telusuri lebih jauh, ternyata kita masih mendapatkan beberapa
pendapat yang lumayan kuat hujjahnya yang tidak mengharamkan musik
secara total.
Sehingga lepas dari masalah kekuatan dalil masing-masing pihak, paling
tidak kita harus akui adanya perbedaan pendapat dalam menghukumi masalah
musik ini.
Diantara para ulama yang menghalalkan musik sebagaimana diantaranya
diungkapkan oleh Imam Asy-Syaukani dalam kitabnya, Nailul Authar adalah
sbb:
Ulama Madinah dan lainnya, seperti ulama Dzahiri dan jama'ah ahlu Sufi
memberikan kemudahan pada nyanyian walaupun dengan gitar dan biola".Juga
diriwayatkan oleh Abu Manshur Al-Bagdadi As-Syafi'i dalam kitabnya bahwa
Abdullah bin Ja'far menganggap bahwa nyanyi tidak apa-apa, bahkan
membolehkan budak-budak wanita untuk menyanyi dan beliau sendiri
mendengarkan alunan suaranya. Dan hal itu terjadi di masa khilafah
Amirul Mukminin Ali ra.Begitu juga Abu Manshur meriwayatkan hal serupa
pada Qodhi Syuraikh, Said bin Al Musayyib, Atho bin abi Ribah, Az-Zuhri
dan Asy-Sya'bi.Imam Al-Haramain dalam kitabnya, An-Nihayah dan Ibnu Abi
Ad-Dunya yang menukil dari Al-Itsbaat Al-Muarikhiin; bahwa Abdullah bin
Zubair memiliki budak-budak wanita dan gitar. Dan Ibnu Umar pernah
kerumahnya ternyata disampingnya ada gitar , Ibnu Umar berkata:" Apa ini
wahai sahabat Rasulullah saw. kemudian Ibnu Zubair mengambilkan
untuknya, Ibnu Umar merenungi kemudian berkata:" Ini mizan Syami( alat
musik) dari Syam?". Berkata Ibnu Zubair:" Dengan ini akal seseorang bisa
seimbang".Dan diriwayatkan dari Ar-Rowayani dari Al-Qofaal bahwa madzhab
Malik bin Anas membolehkan nyanyian dengan alat musik.

Demikianlah pendapat ulama tentang mendengarkan alat musik. Dan jika
diteliti dengan cermat, maka ulama muta'akhirin yang mengharamkan alat
musik karena mereka mengambil sikap waro'(hati-hati). Mereka melihat
kerusakan yang timbul dimasanya.Sedangkan ulama salaf dari kalangan
sahabat dan tabi'in menghalalkan alat musik karena mereka melihat memang
tidak ada dalil baik dari Al-Qur'an maupun hadits yang jelas
mengharamkannya. Sehingga dikembalikan pada hukum asalnya yaitu mubah.
Oleh karena itu bagi umat Islam yang mendengarkan nyanyian dan musik
harus memperhatikan faktor-faktor berikut:Pertama: Lirik Lagu yang
Dilantunkan.
Hukum yang berkaitan dengan lirik ini adalah seperti hukum yang
diberikan pada setiap ucapan dan ungkapan lainnya. Artinya, bila
muatannya baik menurut syara', maka hukumnya dibolehkan. Dan bila
muatanya buruk menurut syara', maka dilarang.
Kedua: Alat Musik yang Digunakan.
Sebagaimana telah diungkapkan di muka bahwa, hukum dasar yang berlaku
dalam Islam adalah bahwa segala sesuatu pada dasarnya dibolehkan kecuali
ada larangan yang jelas. Dengan ketentuan ini, maka alat-alat musik yang
digunakan untuk mengiringi lirik nyanyian yang baik pada dasarnya
dibolehkan. Sedangkan alat musik yang disepakati bolehnya oleh jumhur
ulama adalah ad-dhuf (alat musik yang dipukul). Adapun alat musik yang
diharamkan untuk mendengarkannya, para ulama berbeda pendapat satu sama
lain. Satu hal yang disepakati ialah semua alat itu diharamkan jika
melalaikan.
Ketiga: Cara Penampilan.
Harus dijaga cara penampilannya tetap terjaga dari hal-hal yang dilarang
syara' seperti pengeksposan cinta birahi, seks, pornografi dan
ikhtilath.
Keempat: Akibat yang Ditimbulkan.
Walaupun sesuatu itu mubah, namun bila diduga kuat mengakibatkan hal-hal
yang diharamkan seperti melalaikan shalat, munculnya ulah penonton yang
tidak Islami sebagi respon langsung dan sejenisnya, maka sesuatu
tersebut menjadi terlarang pula. Sesuai dengan kaidah Saddu Adz dzaroi'
(menutup pintu kemaksiatan) .
Kelima: Aspek Tasyabuh.
Perangkat khusus, cara penyajian dan model khusus yang telah menjadi
ciri kelompok pemusik tertentu yang jelas-jelas menyimpang dari garis
Islam, harus dihindari agar tidak terperangkap dalam tasyabbuh dengan
suatu kaum yang tidak dibenarkan. Rasulullah saw. bersabda: "Siapa yang
menyerupai suatu kaum maka ia termasuk mereka" (HR Ahmad dan Abu
Dawud)Keenam: Orang yang menyanyikan.
Haram bagi kaum muslimin yang sengaja mendengarkan nyanyian dari wanita
yang bukan muhrimnya. Sebagaimana firman Allah SWT.:
"Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang
lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara
sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan
ucapkanlah perkataan yang baik" (QS Al-Ahzaab 32)Sedangkan memasang
gambar para penyanyi, apalagi mereka yang jelas-jelas tidak Islami,
tentu punya hukum tersendiri. Secara dasar, para ulama masih berbeda
pendapat tentang boleh tidaknya memasang gambar makhluq hidup. Dan
kedua, bila gambar itu sendiri adalah tokoh-tokoh yang tidak Islami.
Dr .Yusuf Al-Qaradawi menyebutkan dalam kitab HALAL dan HARAM haramnya
memasang gambar-gambar yang oleh pelukisnya atau pemiliknya sengaja
diagung-agungkan seperti gambar para penguasa dan pemimpin, lebih-lebih
kalau gambar-gambar itu dipancangkan dan digantung. Lebih kuat lagi
haramnya apabila yang digambar itu orang-orang zalim, ahli-ahli fasik
dan golongan anti Tuhan. Mengagungkan mereka ini berarti telah
meruntuhkan Islam.
Mengapa memasang gambar tokoh-tokoh seperti itu tidak diperkanankan ?
Karena mereka umumnya bukanlah sosok yang patut diidolakan, diagungkan
atau dipuja-puja. Karena sebagai umat yang punya tingkat intelektual
yang baik, tidak selayaknya memuja mereka yang justru kehilangan
padangan hidup yang benar. Banyak diantara para artis dan selebritis
baik lokal maupun asing yang tercebur dalam pola hidup yang tragis,
kawin cerai, mabuk, judi, zina dan bermewah-mewah. Sebagian dari mereka
tidak bisa hidup tanpa obat bius. Jadi mereka itu umumnya justru
merupakan pribadi-pribadi yang rusak dan perlu dikasihani.
Sehingga sangat tidak layak bila umat Islam malah mengidolakan
sosok-sosok tubu tanpa jiwa seperti itu, dimana mereka justru tersesat
di dalam hidupnya. Justru seharusnya, para penyanyi itulah yang memasang
poster Anda. Karena dibandingkan mereka, Anda jauh lebih baik dan lebih
tinggi derajatnya di sisi Allah SWT.
Sebagai muslim kita seharusnya malah merasa kasihan atas nasib mereka
yang meski sekilas nampak glamour dan selalu senang-senang, namun secara
jiwa menderita. Betapa banyak mereka yang harus mengakhiri hidupnya
secara tragis.
Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Pusat Konsultasi Syariah
Office : TB Simatupang 12 A Lenteng Agung
Jagakarsa Jakarta Selatan Indonesia
telp. (62-21) 78847267 fax. (62-21) 78847268
email [EMAIL PROTECTED]

Parts Engineering Dept.
PT Indonesia EPSON Industry
Telp.021-8970101 Ext.1173