6 bulan lagi sudah 'gorontalo visit year 2009' , sudah saatnya gorontalo
memiliki museum seni dan budaya gorontalo atau museum negeri gorontalo .

jika gorontalo maju bisa menjadi 'pressure group' dan kita bisa memajukan
usulan kepada bapak gubernur gorontalo via sdri. vanny halalutu datunsolang'
yang membuatkan copy dari email kita kepada beliau , saya mengusulkan agar
lewat gubernur yang memiliki koneksi yang demikian luas untuk meminjam koleksi
semua benda seni dan budaya yang berada di museum pusat atau gedung gajah
jakarta untuk dipinjam dan dipamerkan mungkin selama sebulan di rumah adat
dulohupa yang berada di gorontalo .

yang harus diadakan oleh dinas pariwisata propinsi hanyalah lemari kaca untuk
meletakan benda-benda pameran yang dapat diminta dari para sponsor dan warga
gorontalo yang sukses dan menjadi pengusaha-pengusaha sukses (dan panitya akan
menuliskan nama dari para sponsor yang menyumbangkan lemari pameran tersebut
dalam bentuk plakat dengan tulisan yang indah dimasing-masing lemari pajang
tersebut )

bukan apa-apa , dalam literatur yang pernah saya baca , selain kain krawang
yang merupakan salah satu produk warga gorontalo , dulu kita memiliki 'kain
patola' . berapa dari kita yang sempat menyaksikan kain patola ?

pameran mungkin bisa diadakan sebelum kasak kusuk pemilu 2009 sehingga bisa
dijamin keamanan dari koleksi yang dipinjam dari museum nasional atau museum
pusat .

selama pameran bisa digelar seni dan budaya gorontalo , sehingga perhelatan ini
bisa mem'boosting' kunjungan wisatawan pada saat 'gorontalo visit year 2009' .

pemanfaatan dari dulohupa akan terasa selama pameran berlangsung dan ke
depannya dulohupa bisa disewakan untuk perhelatan khusus perhelatan adat ,
sehingga memiliki income sendiri yang tidak mengganggu anggaran daerah baik
propinsi maupun kotamadya .

mari kita mulai dari tindak nyata , menyumbang buat pariwisata gorontalo dengan
pameran yang dapat merangsang warga gorontalo perantauan , wisman nusantara dan
wisatawan asing untuk datang dan berkunjung ke gorontalo .

dengan sedikit inisiatif 'kita bisa; menjadikan 'tahun kunjungan wisata
gorontalo' berhasil dan sukses dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak warga
gorontalo . (venue sudah ada : dulohupa , waktu sebelum pemilu 2009 )

terima kasih untuk teman-teman yang telah memberikan tanggapan atas postingan
saya yang lalu , saya belum sempat mengirimkan terima kasih ke alamat pribadi
masing-masing disebabkan koneksi internet yang sangat lamban yang telah sama
kita maklumi .

salam ,

toti

mobile phones : 0852 1082 6038 atau 0813 1731 0289

Kirim email ke