Teruntuk MIB yang terhormat!
Saya sangat salut dengan anda yang mampu membokar segala kerusakan mental
akademik di UNG. Saya sendiri sebagai salah seorang yang berasal dari UNG
merasa malu dengan kondisi yang anda paparkan pada milis ini dan mungkin saya
adalah salah satu diantara para dosen yang anda kemukakan tersebut. Saya juga
berharap semoga anda juga akan merasa malu dengan kondisi yang terjadi di UNG
kita tercinta. Hanya saja! Jika kondisi yang terjadi di UNG tercinta kita
bongkar semua tanpa ada solusi perbaikan terhadap kerusakan mental akademik
tersebut, maka sama saja kita hanya akan menambah kebobrokan akademik di UNG.
Mudah-mudahan anda sependapat dengan saya karena saya tahu siapa anda (MIB)
yang memiliki integritas dan idealisme tinggi dalam hal pengembangan akademik
di UNG. Saya ingin meminta pendapat anda tentang solusi terbaik dalam hal
memotong kebiasaan buruk para dosen seperti yang anda kemukakan dan apa yang
sebaiknya dilakukan oleh para pemimpin di UNG dalam
 mengatasi permasalahan yang terjadi di UNG?
Pernah dalam masa perjalanan UNG, saat peralihan periode kepemimpinan UNG kami
mengajukan beberapa pandangan tentang perbaikan akademik di UNG, yakni dengan
memperbaiki sistem administrasi akademik dengan langkah-langkah konkrit yang
dimulai dari aturan akademik yang jelas dan transparant, karena hanya dengan
cara itu maka seluruh komponen di UNG akan bekerja secara sistematis. Dengan
sistem administrasi akademik yang baik kita tidak akan menjumpai seorang dosen
yang hanya santai, mahasiswa yang berseliweran di luar tanpa belajar, dan
pegawai yang hanya bekerja dengan rutinitas yang menjemukkan. Walaupun kami
tidak menjadi penentu kebijakan di UNG, tetapi dijanjikan bahwa pandangan kami
akan digunakan untuk memperbaiki sistem akademik di UNG. Namun apa yang
terjadi? Sampai dengan saat ini sistem administrasi akademik kita masih jalan
di tempat dan bahkan terkesan tidak berjalan dengan baik sehingga tidak heran
jika terjadi hal-hal yang dikemukakan oleh
 Bung MIB.
Oleh sebab itu, kita selaku civitas akademika bersama-sama dengan perangkat
penunjang akademik lainnya di UNG, untuk bersama-sama membangun UNG kedepan
dengan memberikan solusi perbaikan kearah pembangunan dan pengembangan kualitas
seluruh komponen di UNG sehingga UNG menjadi pioner pembangunan sumber daya
manusia di Gorontalo dan daerah-daerah lainnya. Amin!
Saya selaku teman sejawat MIB akan selalu menunggu pendapat dan pandangan Bung
MIB dalam hal solusi perbaikan kualitas seluruh komponen di UNG dan semoga
kelak nanti akan direalisasikan untuk pengembangan UNG. Apalagi saat ini Bung
MIB sedang menempuh pendidikan S3 di IPB yang menurut saya adalah bakal calon
pemimpin UNG di kemudian hari. Amin!

Terima kasih
Wassalam
Bolo Maafu Wanu Woluwo U'tala-tala!