Sur..
ana cuma tertegun dengan nt pe kalimat seorang yg moderat.. dari dulu
memang di Al Azhar semua literatur di  kupas tuntas secara kritis..
mungkin ada hubungannya dengan Napoleon B.P tentang berdirinya Al
Azhar di sana e? (CMIIW) tentang kristen koptik, gempuran Ikhwanul
Muslimin dll. mungkin hal ini banyak melahirkan tokoh liberal dunia
saat ini yg lulusan dari kairo.
sebagai selingan, ini isi blog tentang posisi "kiri" li ana
tentang dua sikap mindset yg bertolak
http://richieoct.wordpress.com/2008/04/20/
Fundamental Vs Liberal
Tentang yang dua ini:
Yang satu melihat yang lain sebagai fundamentalis. Terlalu kolot,
tekstual,nggak kreatif, hidup di abad silam.
Yang satunya lagi melihat yang lain sebagai liberalis. Terlalu bebas,
cenderung kurang ajar, tak tahu aturan, kebarat-baratan.

Keduanya memang akan sentiasa berpasangan, bahkan keduanya pasangan
yang setia.
Keberadaan yang satu membuat yang lain ada.
Ketiadaan yang satu membuat yang lain sirna.

Penyataan dari pihak yang satu, sentiasa mengundang pihak yang lain
untuk meluruskannya.
Pelurusan dari pihak yang satu sentiasa mengundang yang lain untuk
mengajak melihat dari perspektif yang lain.

Mereka pasangan sejati, kelihatannya saling membenci, akan tetapi
yang satu takkan dapat hidup tanpa yang lain.

Begitulah, aneh tapi nyata.

Hingga suatu saat nanti, ketika kekuatan tengah yang ada diantara
mereka berdua menguat dan mendominasi, maka barulah pasangan ini akan
sirna, mereka akan melebur dan bersatu dalam kedamaian. Tak ada lagi
fundamentalisme, tak ada lagi liberalisme. Yang ada Islam sejati.
Takkan lama lagi, insya Allah.
20/april/08

salam

richie
ps: kalo mo baku iko macam te fahri mo kawen dengan ti maria trus nt
pe maitua yang di sini bgmana...?
mending cari bule jo.. ^_^^^^^^^^

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, Mansur Martam
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Om VQ yang terhormat...
>
> Dipostingan pertama jelas bahwa saya sependapat dan setuju dengan
bolehnya lelaki muslim menikah dengan wanita kristen dan yahudi.
Karena memang ini pendapat mayoritas ulama. Tidak ada alasan kuat
yang mengharamkan pernikahan itu, selain hanya karena faktor
lingkungan dan karakter si wanita kristen dan yahudi, yang katanya,
tidak bisa dijamin lagi kesalahannya. Malah setelah menukil fatwa
mufti Mesir, saya menambahkan. Dan namanya juga mensarikan, sedikit
banyak saya tambahin atau kurangi, selama intisari dari tulisan itu
tidak hilang. dan sengaja saya tuliskan sumbernya, agar pembaca bisa
merujuk kesana nantinya. Nanti kalau saya balik, saya akan tunjukan
buku-buku itu. Atau kalau mau pesan, kirimi aja uang kesini. Nanti
saya akan belikan buku yang bisa menangkal dan menendang paham-paham
liberal dan juga membendung paham-paham fundamentalis. Ups, saya
orangnya moderat, karena al-Azhar mendidik kami menjadi kepala tidak
dingin dan tidak panas. kayak air
>  lawo2. :)
>
> Jawaban:
> Pertama: ijab qabul dalam pernikahan sama halnya dengan ijab qabul
dalam transaksi muamalat. Dengan orang kristen dan yahudi kita bisa
transaksi jual beli. Coba perhatikan, redaksi akad nikah, ada yang
kurang tidak?
> Kedua: Memilih calon isteri muslimah saja, kita harus hati-hati,
agar rumah tangga bisa bahagia, mawaddah dan penuh rahmat. Itu
artinya, penting memilih calon isteri yang baik dan salehah. Dan
kalau ada wanita kristen yang salehah zaman sekarang, saya siap
dinikahkan dengannya. ini sekaligus menjawab pertanyaan yang ketiga.

> Salam.
> Bi Aditu Pa Ama
>
> --- Pada Kam, 23/10/08, VQ <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Dari: VQ <[EMAIL PROTECTED]>
> Topik: Re: [GM2020] Apa Hukumnya Wanita Muslimah Menikah dengan
Lelaki Kristen? to ustad mansur
> Kepada: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
> Tanggal: Kamis, 23 Oktober, 2008, 10:48 AM
>

>             sur,
>
> apakah pendapat yg di sarikan itu mewakili pandangan pribadi mu
ataw hanya sekedar referensi ??
> soalnya saya pengen tanya :
> 1. kalo di bolehkan kawin beda agama, trus ijab kabul nya pake
agama apa ?? penghulunya dari agama apa ? karena prinsip ketuhanan
islam    dan  kristen beda

> 2.agama nasrani ketika jaman rasullulah kitab dan ajarannya masih
asli. jadi wanita2 nasrani pada jaman itu termasuk orang2 yg soleha.
nah, dengan kehidupan sekarang dan isi alkitab yg sdh di rombak sana
sini, bgmn pendapat anda ??

> 3. kalo anda di nikahkan dengan wanita dari nasrani bgmn  ??
>
> salam dan sur i
> BI ADITU PA AMA
>
> VQ

>       Berbagi foto Flickr dengan teman di dalam Messenger

Kirim email ke