Dibawah ada sebagian catatan dari cuplikan di media nasional : kemauan,
konsistensi pelaksanaan, nuansa desakan mau pun jargon politis ada semua.

Pada sisi lain permasalahan hukum atas blok TAC Cepu yg merupakan salah satu
obyek KKN putra-putri Soeharto di Pertamina yang ditangani Gedung Bundar (belum
jelas keputusan penyelesaiannya).

Walau jelas dalam perkembangan terakhir opsinya KKG nampaknya akan "kalah", dan
kalau keptusan yang terjadi ini "nanti" dibatalkan oleh rejim mendatang (SBY
kan gak jadi penguasa seumur hidup), kerunyaman buat negeri ini gak ada
habis2nya, alias kita ciptakan sendiri Karaha Bodas-Karah Bodas baru terus.

Mas Rizal Malaranggeng (bukan Andi M), "Keputusan" untuk blok Cepu sangat
potensial mengandung problema "hukum" yang sangat rumit. Ati-ati saja lah.

ar-

Rabu, 25 Agustus 2004 | 15:27 WIB

Pertamina Tidak Perpanjang Kontrak ExxonMobil Cepu

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Pertamina (persero) tidak akan memperpanjang
kontrak ExxonMobil Oil di lapangan minyak dan gas Cepu, Jawa Timur. Pertamina
akan segera mengeluarkan surat resmi terkait dengan kebijakan tersebut.

Direktur Utama Pertamina, Widya Purnama, memastikan hal itu dalam rapat dengar
pendapat dengan Komisi Energi dan Sumber Daya Mineral DPR di Jakarta, Rabu
(25/8). "Minggu ini kita akan keluarkan surat bahwa Pertamina tidak akan
memperpanjang kontrak Exxon," kata dia.

... Hingga akhirnya ....

Rabu, 08 Desember 2004 | 11:08 WIB

Widya Purnama: Perundingan Kembali Dengan Exxon Berbasis Bisnis

TEMPO Interaktif, Jakarta:Direktur Pertamina, Widya Purnama, menegaskan bahwa
jika Pertamina diminta kembali melakukan perundingan dengan Exxon Mobil Oil
maka perundingan itu harus didasarkan pada pertimbangan bisnis. "Basis
perundingan adalah B to B dengan tujuan memberikan keuntungan," ucap Widya
Purnama dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII, Selasa malam (7/11).

Purnama mengisyaratkan bahwa ada tiga hal yang hal yang harus dipenuh jika
perudingan dengan Exxon diteruskan ataupun jika ingin membuat perjanjian dengan
pihak lainnya. Ketiga hal tersebut adalah : Pertamina mendapat keuntungan,
negara memperoleh keuntungan dan kontraktor meraih untung. Jadi, "Prioritasnya
setelah Pertamina dan Negara mendapat untung baru kontraktor bisa meraup
keuntungan," ucapnya.

Exxon Tidak Bisa Menikmati Hak Istimewa Pertamina Pertamina memang memperoleh
keistimewaan dalam Kontrak Kerjasama di Cepu, dengan pola bagi 60 persen untuk
pemerintah dan 40 persen untuk Pertamina.... (05/03/2004)

Penandatanganan KKS Pertamina Tertunda Ada masalah legalitas yang belum
disepakati antara Pertamina dengan Exxon Mobil Cepu. ...(23/04/2004)

Kontrak Exxon di Cepu Belum Tentu Diperpanjang Pemerintah tengah mengkaji
berbagai opsi baru pengelolaan ladang minyak dan gas raksasa di Cepu,
Bojonegoro, Jawa Timur....(21/07/2004)

Pertamina Tidak Perpanjang Kontrak ExxonMobil Cepu PT Pertamina tidak akan
memperpanjang kontrak ExxonMobil Oil di lapangan minyak dan gas Cepu, Jawa
Timur yang berakhir 2010....(25/08/2004)

Pertamina Tolak Perpanjang Kontrak Exxon Cepu Rencananya, pekan ini juga akan
dikeluarkan surat resmi terkait dengan kebijakan tersebut.... (25/08/2004)

Pemerintah Tak Akan Intervensi Kasus Exxon Cepu Pemerintah tidak akan campur
tangan atas keputusan PT Pertamina yang menolak memperpanjang kontrak
ExxonMobil di Cepu....(30/08/2004)

Pertamina Akan Gelar Pertemuan dengan ExxonMobil Belum ada kepastian, apakah
pertemuan itu membicarakan kontrak di ladang minyak dan gas Cepu, Bojonegoro,
Jawa Timur. ... (01/09/2004)

Pertamina Gelar Pertemuan dengan ExxonMobil Pembicaraan menyangkut masalah
kontrak Exxon di lapangan migas Cepu, Jawa Timur. ... (02/09/2004)

ExxonMobil Pertanyakan Penolakan Perpanjangan Kontrak Cepu Padahal Exxon merasa
telah mengeluarkan investasi yang besar dan reputasinya baik. ... (02/09/2004)

Laksamana: SDM Indonesia Mampu Kelola Cepu Kendala finansial bisa diatasi
dengan menggandeng mitra lain yang lebih bisa memberikan kondisi yang lebih
baik bagi keuangan negara....(08/09/2004)

Pertamina Minta Tes Produksi Migas Lapangan Sukowati Diteruskan PT Pertamina
menginginkan proses uji coba produksi minyak dan gas dari

lapangan Sukowati di Tuban, Jawa Timur, diteruskan....(17/09/2004)

Presiden Bush Minta Indonesia Efektifkan Kontrak-Kontak Migas Hal itu dikatakan
Presiden AS kepada Presiden Yudhoyono saat pertemuan bilateral dalam forum APEC
di Santiago, Cili....(25/11/2004)

Pertamina akan Lanjutkan Negosiasi dengan ExxonMobil Akan dilihat sejauh mana
perpanjangan kontrak tersebut bisa memberikan keuntungan yang lebih baik untuk
negara...(26/11/2004)

"Negosiasi Exxon Harus Dilakukan pada Level Sama" Komisaris PT Pertamina
(persero) Roes Aryawijaya mengatakan, jika pemerintah ingin membuka kembali
negosiasi dengan ExxonMobil, harus dilakukan dengan dalam kedudukan yang sama.
"Kalau negosiasi tetap dilakukan, ya hendaknya dilakukan pada level yang sama,"
kata Roes, yang juga Deputi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara bidang
Pertambangan.... (03/12/2004)

ExxonMobil Berharap Negosiasi Dengan Pertamina Berjalan Baik Lapangan minyak di
Cepu sudah seharusnya diproduktifkan kembali. ... (08/12/2004)

Pertamina Akan Gelar Pertemuan dengan ExxonMobil Belum ada kepastian, apakah
pertemuan itu membicarakan kontrak di ladang minyak dan gas Cepu, Bojonegoro,
Jawa Timur. ... (01/09/2004)

Widya Purnama: Perundingan Kembali Dengan Exxon Berbasis Bisnis Direktur
Pertamina, Widya Purnama, menegaskan bahwa jika Pertamina diminta kembali
melakukan perundingan dengan Exxon Mobil Oil maka perundingan itu harus
didasarkan pada pertimbangan bisnis.... (08/12/2004)

Indra Sumbodo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Abah and all,

Saya cermati tulisan pak KKG, poin beliau :
a.. Sumur di Blok Cepu memiliki cadangan minyak yang besar dengan letak yang
strategis, sehingga eksploitasi selanjutnya relatif mudah.
b.. Pertamina/Indonesia harus mampu mengelola dan memanfaatkan Blok Cepu dengan
semaksimal mungkin, dan juga blok ini merupakan tantangan bagi
Pertamina/Indonesia untuk menjadi Perusahaan Besar seperti Exxon Mobil
c.. Andi M sebagai wakil pemerintah ??? dan Lin Che Wei sebagai wakil Exxon
Mobile pada tanggal 20 atau 21 Mei malam itu memberi keterangan di MetroTV
bahwa Indonesia akan memperpanjang kontrak dengan ExxonMobile sampai tahun 2030
sebagai hasil negosiasi dengan Indonesia yang diwakili mereka.
Terus Pak RPK dengan penjelasan ttg. Potensial reserve instead of recoverable
reserves dan sumur-sumur yang telah dibor oleh Humpuss-Ampolex Australia-Mobil
Australia- Exxon Mobil . Dan Pak RPK ini yang paling tau ttg. blok Cepu luar
dalam. Terus bukan Exxon Mobil yang pertama memetakan reefal objective di Cepu
blok, tetapi Humpuss ( Pak Suhaemi Osman Bani - Pearl Oil eks Petromer
Trend-lah originatornya, termasuk well Cendana, Banyu Urip, dan Jembaran).
Walaupun dalam potongan remarknya pada BIEM Conference di Jakarta, Desember
2004, President, Exxon Mobil Corporation,Rex W. Tillerson menyatakan :

"Let me cite just one of our experiences here in Indonesia to illustrate this
point.Prior to our participation in the Cepu area in East and Central Java,
exploration had been focussed in shallow accumulations and no large discoveries
had been made for many years.

Utilizing a new concept for hydrocarbon accumulations in the Cepu area that
evolved from integrated technical studies of the hydrocarbon system, ExxonMobil
drilled the Banyu Urip Number 3 well and discovered a large oil accumulation
and well as a new play on the block. Additional drilling at Banyu Urip and
wells at Sukowati and Jambaran confirmed the new models. In an area that has
been considered fully explored, we discovered the largest oil accumulation
found in Indonesia in three decades. "

Remark yang sebenarnya melenceng dari kenyataan terutama kalimat : "Prior to
our participation in the Cepu area in East and Central Java, exploration had
been focussed in shallow accumulations and no large discoveries had been made
for many years."

Sebab sebelum Exxon Mobil mengakuisisi Ampolex, Mudi Field - JOB Pertamina-
Petromer Trend /Santa Fe Tuban Block dengan Objective Carbonate sudah dibor (
th.93-94) dan pada saat itu disebut sebagai the largest and the first
discoveries from Kujung Carbonate in East Java. Dan Humpuss-Ampolex sudah
mentargetkan cabonate ini sebagai Priority mereka. Pak RPK dan Pak Suhaemi yang
bisa cerita banyak ttg. A to Y dari Kontrak TAC Cepu Blok ini.

Yang lainnya seperti ditulis Oki "Anyway, somehow I feel that in the end a
compromise will be reached
(baca: EM will get what they want), apalagi pak SBY akan berkunjung ke
Amrik...uuups...."

dan Abah kita yang sudah super jelas....

Let see the end and expensive lesson from this Higher-Up Sinetron....

dd.
Sent: Wednesday, May 25, 2005 8:37 AM
Subject: RE: [iagi-net-l] Blok Cepu, ExxonMobile & strategi besar Pertamina

> Oki .

Kadang kadang aku kagum sama kamu , kadang kadang suka agak "sableng"
,tapi bener !
Nah memang dari beberapa e-mail yang masuk , terlihat beberapa salah
presepsi .
1. Kontrak antara Pertamina (pada saat itu tidak mewakili NKRI , karena
daerah Cepu merupakan WKP-nya sendiri) dengan Humpuss PatraGas dalam
bentuk TAC.Disamping itu ada beberapa side letter yang mengikat Pertamina
dengan Humpuss.
Ada tekanan pada Pertamina tentunya , karena memang waktu itu jamannya.
Beberapa tokoh migas nasional menjadi pelaku di Humpus Patragas, mereka
dapat berceritera (sebetulnya apabila berkenan) mengenai "kecurigaan"
adanya cadangan yang cukup besar, sebelum operasi mereka berhenti karena
berbagai alasan.
2.Pertamina , kemudian mengijinkan interest mereka dalam TAC dijual kepada
Ampolex , satu perusahaan kecil Australia, dengan pemikiran agar operasi
di Blok ini berlanjut
Kemudian Ampolex duakusisi oleh Mobil Australia ,dan melanjutkan
operasinya di Cepu.
3. Mobil (kemudian menjadi ExxonMobil) mengumumkan penemuan "giant" mereka
dan menuntut agar kontrak diperpanjang, perlu diingat bahwa tidak ada satu
clausa-pun dalam kontrak yang mengharuskan Pertamina memperpanjang
kontraknya.
4.Menjawab pertanyaan atau "kecurigaan" bahwa Pertamina tidak mampu
mengoperasikan Blok ini.
Ini pertanyaan lucu dan sangat berjiwa "inlander", karena reservoir di
Cepu , bukanlah reservoir yang terlalu spesifik , operasi di Cepu bukanlah
operasi yang sulit.
Korupsi ????? , seperti dikatakan oleh Oki , EM -pun mempunyai angka angka
ajaib sewaktu menuntut biaya yang telah dikeluarkannya !!!
Apakah bisa Anda bayangkan drilling cost lebih dari tujuh juta dollar
dalam usulan biaya drilling di onshore Jawa Timur ???? dimana 30% dari
biaya tersebut hanya untuk personil ????

Jadi kalau soal "mark up" itu bukan monopoli orang Indonesia.
Pertamina sedang berubah dan memaang harus berubah , kita harus yakin
bahwa mereka akan berubah.

Saya memang sejak awal termasuk yang tidak menyetujui perpanjangan kontrak
TAC ini.Kan kalau mau mitra mendingan Medco atau Kondur .

Si Abah.

Sedikit koreksi: Humpuss 'menjual' TAC blok Cepu ke Ampolex, suatu