Pak-Bapak ysh,
Sedikit komentar tentang Volkanisme Kenozoik di Jawa. Boleh kan?
Ngkoimani & Bijaksana (2004, abstrak) menyebutkan telah menjumpai umur tua
(K-Ar) pada batuan Formasi Andesit Tua (OAF) : 17-75 Ma (Kalau tidak salah
yg 56 Ma di Watuadeg DIY, 75 Ma di Kulonprogo, DIY).
Sejauh hasil analisisnya reliable, perlu penjelasan tuh posisi volkanisme
ini thd posisi subduksi Jawa-Bantimala/Meratus (pra-Oligosen?) vs Jawa-NTT
(pasca-Oligosen/OAF). Data paleomagnetiknya menunjukkan pembentukan
batuan-batuan itu berada jauh di selatan daripada posisinya sekarang. Sdr
Laode Ngkoimani baru Senin (29/8/05)kemarin menyelesaikan S3 di Fisika ITB
tentang paleomagnetik Formasi Andesit Tua. Mudah-mudahan segera keluar
full-papernya ya?

Nuhun, semoga ada gunanya
bpriadi