*Mas Ferdi,*
apa berarti patahannya memang tidak sealing...? *karena pressure
gradient-nya beda maka lalu diinterpretasikan sealing (at least di antara 2
reservoir yang kita bandingkan tersebut
*dan apa memang pada awalnya terdapat perbedaan pressure antar compartement
dari patahan tersebut sebelum diproduksi...? *ya perbedaan (berdasarakan
pengukuran MDT tool) ini yang menjadi dasar interpretasi bahwa patahan
tersebut sealing*
atau mungkin....setelah diplot dengan density hc yang berbeda jadi "
berkomunikasi" ? *yang ini menurut saya sudah dicerminkan dalam plot
gradient tersebut..ketika density hcnya beda ya (makanya gradient gas punya
range, minyak dan air juga begitu, bukan ?) akan berbeda pula plot
pressure-nya (i.e tidak membuat 2 reservoir tersebut pada 1 gradient atau 2
gradient yang sinambung, gas dan minyak misalnya). Bisa saja terjadi 2 atau
lebih reservoir yang menunjukkan pressure gradient yang segaris, nah disini
lalu mesti dilihat hubungan letak/posisi antara ke 2/lebih reservoir
tersebut. Geologically, is it likely or unlikely for them to be
in-communication ? or is it just coincidence (relates to density HC or other
factor) ?
*
*disclaimer : semua skenario diatas adalah skenario pra produksi (i.e virgin
pressure)..jadi, setuju dengan Mas Hanif, buat pasca produksi ceritanya
tidak sesederhana ilustrasi diatas.
*
salam,
tony