From: harry_rw <[EMAIL PROTECTED]>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Friday, November 3, 2006 12:19:23 AM
Subject: [iagi-net-l] high pressured clay minerals

Rekans,

mungkin ada yang bisa memberikan pencerahan pada saya, tentang
bagaimana cara membedakan suatu clay/shale zone yang overpressured
dengan yang mengalami tectonic stresses. Apakah ada jenis2 clay
mineral tertentu yang bisa dipakai sebagai penciri high pressure
zone, atau sebaliknya bisa dipakai sebagai penciri dari tectonic
stress. Secara teoritis saya rasa akan ada perbedaan pada claystone
mineralogy dari overpressured zone dan tectonic stress zone, karena
overpressure berlangsung lebih lama dari tectonic stress, sehingga
overpressure akan memberi kesepatan pada mineral untuk berubah ke
bentuk yang lebih stabil pada keadaan over pressured, sedangkan
tectonic stress akan memberikan mechanical impact pada mineral.

Masalahnya saya bukan seorang pakar mineralogy sehingga pengetahuan
saya mengenai hal ini sangat awam,............... apakah ada kawan2
yang bisa memberi saya pencerahan?

harry RW