To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Wednesday, March 14, 2007 10:04 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Respon-2 Surat Terbuka Kepada Ketua Umum IAGI

Menghubungkan gempa dengan semburan memang bukan hal tidak mungkin
karena secara statistik memang ada didaerah lain yang menunjukkan hal
itu. Tentusaja sebagai geologi tidak serta merta menggunakan data
statistik, karena setiap data memilki karakteristik sendiri-sendiri.
Setiap data point memilki attribut-attribut sehingga memenuhi
persyaratan untuk menunjukkan korespondensi (relasi).

Dalam hal gempa menyebabkan reaktivasi semburan mud volkano bisa
dilihat persyaratannya yang dilihat dengan cara fisis yaitu diukur
atau ada hal-hal dalam bentuk ukuran "measurement". Faktor-faktor yang
mempengaruhi tentu saja "besaran getaran". Kita sangat beruntung
karena ada ilmu gempa yang menggunakan ukuran ini misalnya MMI. MMI
ini mengukur (mengestimasi) besarnya kekuatan getaran di titik yang
diukur.

Secara grafis dapat digambarkan seperti yang ada disini :
http://rovicky.wordpress.com/2006/06/27/mungkinkah-gempa-penyebab-mud-flow/
Juga yang dipertontonkan bulan lalu di BPPT disini (trims Pak Koesoema):
http://dongenggeologi.files.wordpress.com/2007/02/earthquake-trigger-lusi.jpg

Gambar pertama menunjukkan bahwa intensitas diatas 6 MMI (ditempat
itu) yang akan menyebabkan reaktivasi dari mudvulkano (ingat
"re-aktivasi", bukan pembentukan mudvolkano baru !).

Dua gambar itu jelas menunjukkan bahwa sangat sulit gempa jogja menyebabkan LuSi
Atau dalam bahasa awam "jauh panggang dari api". Walaupun secara
ilmiah api memang menyebabkan air itu mendidih, tetapi tidak bisa
menyatakan kalau ada api selalu akan menyebabkan air mendidih, kan ?
Menurut info di IAGI-net tulisan Pak Awang di stasiun Karangkates
tercatat III-IV MMI ...
bisa dibaca ulang lengkapnya disini :
http://hotmudflow.wordpress.com/2006/06/13/iagi-net-l-informasinya-benar-banjar-panji-mud-extrusion/

Bagaimana kalau dengan hitung2an, ya siapa tahu pengukuran yang di tretes
menurut perhitungan rekan saya yang terurai disini :
http://hotmudflow.wordpress.com/2006/07/05/gempa-yogya-bikin-mud-volcano-di-porong/
Diperkirakan getaran sekitar 4.9 Mw ... sangat sesuai dengan yang
terukur di Karangkates maupun Surabaya yang kira-kira III-IV MMI.

Memang kadangkala kita terperangah dengan besarnya dampak yang hanya
karena kesalahan kecil. Akupun melihat dimensi dampak lumpurnya saja
menjadi terbelalak. Seolah kagak percaya apa iya ngebor ukuran 12 inci
bisa menyebabkan dampak sebesar itu ?

Kalau menggunakan pemikiran "trigger mechanism" yang menjalar dengan
"domino effect" dicampur dengan teori "butterfly effect", hal-hal
kecil memang bisa saja menyebabkan perubahan besar.
wadduh tapi ini tidak mudah membuktikanya secara matematika ataupun
fisika .... memang angel ...tetapi bukan tidak mungkin dilakukan  :(

rdp