Urun rembug pak . .

Mestinya setelah pasar tenaga kerja global menjadi hal
yang sudah sangat umum seperti sekarang ini, patokan
penentuan gaji bukan lagi ekspat non ekspat. Cara
berpikir perusahaan (mestinya) : jika memiliki
ekspektasi  mempekerjakan tenaga kerja  dengan level
kemampuan tertentu maka harga ybs juga dipatok dengan
harga tertentu pula (tak memandang ekspat, eks ekspat
dan non ekspat). Jadi apakah di ekspat, bekas ekspat,
non ekspat jika kualifikasinya memenuhi persyaratan
yang ditentukan oleh perusahaan tersebut 'dengan
sendirinya (mestinya) harganya ngikut . . .  ada
barang ada rupa . . . bagi karyawan lama yang memiliki
kualifikasi sama dengan sendirinya mesti teraktrol . .
untuk yang lain tapi sekedar berkebangsaan sama tapi
kualifikasinya berbeda ya mesti belajar lagi dan
bekerja lebih smart&keras lagi untuk sampai ke sana .
. .

Hal ini  menjadi terasa fair baik bagi mereka yang
pernah jadi ekspat mau balik kembali atau yang tidak
pernah jadi ekspat tapi kualifikasinya sama akan
memperoleh perlakuan yang sama pula . . . .

Kecuali ada perlakuan khusus spt yang telah dibahas di
sini: spt kemudahan berkarir dalam jalur managerial
role di Mly dll . . . .

Sekedar sharing saja:

Idealnya hal-hal di atas juga berlaku bagi perusahaan
Asing yang beroperasi di Indonesia . .  saya sendiri
pernah pada posisi ditawari untuk bekerja di negeri
sendiri oleh asing dengan posisi 'lebih' dari yang
sekarang, tapi gaji yang mereka tawarkan adalah gaji
(pasar-bahasa mereka) tenaga ahli indonesia yang
mereka bayarkan selama ini . . . jadi ya  . . matur
nuwun - lain kali saja mister!!

sTJ - Mineral Geologist

--- nyoto - ke-el <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ya betul, di MidEast umumnya company memberi gaji
> lokal lebih besar dari
> expatnya, kecuali itu juga lokal mendapat prioritas
> di management.  Kalau
> expatnya terutama sebagai professional / experts
> atau mentor bagi orang2
> lokal.
> Di KL gaji lokal lebih kecil dari expat, tapi mereka
> ke  jalur managerial
> lebih banyak.
>
> wass,

 customers who are looking for what you sell.
http://searchmarketing.yahoo.com/