Sebelumnya saya minta maaf kalau pendapat saya mungkin agak berbeda dengan
rekan lainnya menanggapi masalah geologi sebagai science atau teknik.

Geologi menurut saya, adalah ilmu science atau bahkan filsafat.

Geologi akan menjadi terapan kalau ada alat dan aplikasinya.
Geologi + method (seismic, geokimia, fisika ) -> perminyakan
Geologi + method (mekanika ) --> geoteknik
Geologi + method tambang ---> pertambangan

Kalau melihat hal seperti itu memang pada akhirnya geologi sendiri
bukan ilmu aplikasi, geologi akan menjadi aplikasi setelah bergabung dengan
ilmu lain. Nah penggabungan ilmu geologi dan method itu yang dilakukan di
jurusan pertambangan, perminyakan, teknik geofisika
,geoteknik sipil dsb. Hal ini dapat terlihat dengan banyak sekali jurusan
lain yang mengambil mata kuliah dasar ke geologi mis : tambang, minyak,
planologi, sipil, gm, tg.

Nah sekarang bagaimana membuat geologi menjadi suatu science aplikasi yang
berguna bagi industri :
Untuk tiap prodi (perminyakan, geoteknik , pertambangan dsb) dapat mulai
melihat di mana irisan ilmu geologi itu dengan ilmu lain (pertambangan,
perminyakan, sipil) dan mempelajari method-method aplikasi untuk
dapat memberikan informasi geologi yeng berguna dan berdaya jual.

On 7/18/07, Agus Hendratno <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Diskusi yang ruaarrr..biasa...,
>
> Untuk ukuran maju dan mundur sebuah institusi pendidikan tinggi; yang
> dipakai sangat banyak parameternya. Akan menggunakan acuan apa dulu? Acuan
> yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional-Dikti; atau acuan yang
> dikembangkan Badan Pendidikan Tinggi di Dunia? atau acuan yang dikembangkan
> QA? masih ada ukuran-ukuran kinerja Tirdharma PT? kenapa yang ini tidak
> dilihat?
>
> Saya sudah sambat ke Mas Edi Sunardi PP-IAGI, bisakah untuk mengaktifkan
> Komunitas Pendidikan Tinggi Geologi di Indonesia; dan kita bisa berdebat
> [...]

Kirim email ke