Pak Awang, sedikit menambahkan.

Bahwa kondisi anoxic tidak hanya terjadi pada Archaen (>2500 Ma) salah
satunya juga bisa ditunjukan dengan Teori Snowball Earth oleh Joseph
Kirschvink (Late Proterozoic Low-Latitude Global Glaciation: the
Snowball Earth, 1992). Kalau tdk salah seingat saya pernah dibahas di
milis ini juga.
Kirschvink mengamati adanya banded iron formation (BIF) pada umur
Neoproterozoic (1000-550Ma). BIF ini dikatakan terbentuk pada kondisi
anoxic akibat ice cap yg menutupi cekungan sedimen, menyebabkan
kondisi stagnan dan miskin oksigen serta berujung pada proses
pembentukan yg mirip dgn Archean.

Salam,
Noel