Yth Pak Sanggam,

Kalau saya usul sih, mending ngambil jurusan Teknik Geofisika
di ITB
Karena di jurusan tersebut 40% belajar geologi, 60% belajar
geofisika, terutama seismic.

Teknologi seismic untuk ekplorsi migas yg sekarang ada, lumayan
sangat berkembang. Dan pakarnya sedikit (sesmic stratigraphy,
reservoar geophysisict, processing, inversion, dll...)

Disamping itu juga jumlah lulusannya sedikit sekali (+/- 30
orang per tahun di Indonesia) bandingkan dengan geologi mungkin
lebih dari 300 orang/tahun di Indonesia (PTN dan PTS). Memang
sih ada juga jurusan Geofisika di tempat lain.

Atau tetap ngambil Geologi tapi ambil bidang keahlian di
seismic, ini juga menarik.
Sekarang memang ada wacana G&G disebut juga Geoscientist,
Geolog harus tahu seismic, geophysicist harus tahu batuan.

Apalagi pertimbangan kerja, kalau di satu kompeni, terima 5
orang G&G fresh, pasti yg daftar geologi jauh lebih banyak
daripada dari geofisika.

Ini pendapat pribadi saya, tanpa ada tendensi apa-apa.

Thanks and Rgds,
TJ

Hot News!!!
EXTENDED ABSTRACT OR FULL PAPER SUBMISSION:
228 papers have been accepted to be presented;
send the extended-abstract or full paper
by 16 August 2007 to [EMAIL PROTECTED]
Joint Convention Bali 2007
The 32nd HAGI, the 36th IAGI, and the 29th IATMI Annual Convention and
Exhibition,
Bali Convention Center, 13-16 November 2007