Kalau ditanya tiap alumni, pasti menjawab , "perguruan tinggikulah yang
terbaik", alias subyektif.

Mungkin bisa disurvei satu-satu, dari parameter-parameter yang bisa terukur.

1. Ratio dosen aktif dan mahasiswa.
2. Jumlah dosen aktif yang berpendidikan S1, S2 dan S3.
3. Fasilitas kuliah : laboratorium, perpustakaan.
4. Biaya.
5. Program pendidikan : kurikulum, teori dan praktek.
6. Lingkungan akademik : lokasi, ektrakurikuler, dll.

Tapi diatas semua itu yang paling penting Mahasiswanya sendiri.

Semua Oke, kalo mahasiwanya malas ya percuma.

Sebaliknya dengan kondisi terbatas, justru menimbulkan kreatifitas dan
semangat yang tinggi.

Pun juga masalah dosen. Dosen pintar dan berpendidikan S3 bisa percuma, jika
tidak bisa menularkan ilmunya. Sementara dosen berpendidikan S1 kalau
kreatif, aktif dan berhasil memotivasi mahasiswa, akan menghasilkan output
yang lebih baik

Salam,

On 8/16/07, sanggam hutabarat <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear teman2 Geolog
>
> 2-3 bulan lalu ponakan saya ingin masuk jurusan geologi..dan nanya yang
> paling 'bagus' jurusan geologi dimana ya? (dalam negri..bukan luar misal
> jelas CSM sangat bagus). Berhubung satu-dua hal karena kesibukan arahan saya
> belum sempat saya berikan (juga karena enggak tahu persis apa
> kriteria"bagus" tadi). Dan sekarang 'syangnya' dia udah masuk UNPAR di
> Bandung.tentu bukan Geologi karena enggak ada jurusan Geologi disana.
>
> Nah apakah teman2 ada yang rajin buat statistik sedemikian rupa (Pak
> [...]

Amir Al Amin
Operation/ Wellsite Geologist
(62)811592902
amir13120[at]yahoo.com