Rekan-rekan geologiawan,

Sebagai penderita sakit punggung bawah, saya ketahui sebenarnya banyak
sebab-sebabnya. Salah satu yang umum yalah yang disebut "spinal stenosis",
karena kepingan punggung yang menonjol pada Lumbar 4 dan 5.  Ini karena cedera
(sport dsb.) atau karena umur.

Kalau parah ini biasanya di "obati" dengan suntikan senyawa steroid (walau
diagnose-nya didasarkan pada MRI (magnetic resonance imaging").

Kalau sebabnya agak ringan, dengan olah raga "stretching" (bukan angkat besi
atau lari-lari) gejala sakit dapat dihilangkan. Bagi rekan-rekan yang
kebanyakan kerjanya duduk di depan monitor komputer, saya anjurkan berkala
melakukan olah raga yang disebut "core exercises" (lihatlah di Google) untuk
memperkuat otot perut dan punggung!

Macam-macam cara untuk mengurangi gejala sakit punggung:

akupunktur, olah raga "streching", berjalan-jalan (bukan jogging), pijat,
meditasi dan pengobatan medis. Kalau sangat parah bahkan kepingan punggung
(disc) tadi dioperasi.

Ini hanya sekedar memberikan pengalaman pribadi, karena sang istri juga bekerja
di Pusat Pencegahan dan Pengontrolan Penyakit  (Centers for Disease Control and
Prevention) di Atlanta, A.S.

salam,

Yo (Jojok Sumartojo)

Registered Professional GeologistMarietta, Georgia, USA

Kirim email ke