Abah,

Sebenarnya itu bukan pertanyaan sederhana.

Persoalan berikutnya muncul dari Lengan Tenggara Sulawesi dan Pulau Muna yang
dua-duanya berada di sebelah timur Teluk Bone. Kalau Teluk Bone dianggap rifted
Sundaland margin, lalu apa status Lengan Tenggara-Muna tersebut ? Apakah mereka
benar2 batas timur Sundaland ? Tidak masalah dengan Buton sebab Buton adalah
satu mikrokontinen yang collided Lengan Tenggara Sulawesi -dan mungkin Muna.
Kapantoreh ophiolites di Buton bisa merupakan hasil obduction karena collision
ini. Kalau benar Muna-Buton sangat berbeda, memang mereka dua terrane yang
berlainan yang lalu berdampingan kini akibat collision.

Di atas itulah yang patut kita kategorikan sebagai jawaban sederhana, yang
sebenarnya saya yakin tak sesederhana itu. Jawaban yang lebih mungkin benar
akan kita peroleh kalau melakukan rekonstruksi tektonik atas wilayah dari
Sulawesi Selatan-Bone-Sulawesi Tenggara-Buton menggunakan data geologi dan
paleomagnetik.

salam,
Awang