From: Sunu Praptono <sunu.prapt...@gmail.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Thu, March 4, 2010 8:04:05 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Uneg-uneg..LUSI

Reasoning yang dikemukakan oleh Pak nyoto - ke-el ini menurut saya sangat
menarik dan layak dicermati, karena sebenarnya inilah salah satu point
penting yang bikin penasaran beberapa rekan di sini: dengan bukti-bukti UGBP
yang begitu "kasat mata" koq aparat hukum dan politik berkesimpulan Lusi
adalah bencana alam yang tidak berhubungan dengan sumur.

Bagaimana kalau kita bahas di sini sambil santai-santai satu persatu:
1. LUSI sebagai UGBO, terus nanti dilanjut
2. "Lusi sebagai bencana alam akibat gempa".
Note: "opsi AC' di DPR kemarin tidak laku di DPR, karena banci, maka saya di
sini juga tidak sarankan ada opsi campuran antara kedua di atas, karena itu
cenderung "mau menang sendiri". Kasihan pihak yang paling lemah, akan terus
terpojok jadi sasaran tembak secara tidak fair.

Untuk mengawali, mungkin saya boleh ajukan pertanyaan ke Pak Nyoto - ke-el:
1. Sebagai UGBO dari mana asal fluida Lusi ?
2. Kalau kita tahu asal fluidanya, (misalnya dari reservoir Formasi Kujung),
tentu kita bisa pelajari juga karakteristiknya: porositas, permeabilitas,
debit, kapan UGBO itu akan mati (karena tentunya kita bisa perkirakan. dari
sejarah UGBO yang sudah berlangsung hampir empat tahun ini dengan akumulasi
yang entah berapa persisnya dan flow rate yang entah berapa pastinya, namun
jelas masih significan sekali untuk ukuran sumur produksi.

Bagaimana komentar Bapak ?

Salam hangat,

Sunu.