Pentingnya memang ke berpihakan, dan itu yg dilakukan oleh kebanyakan badan
usaha milik pemerintah China dan afiliasinya di industri migas. gampang di
tebak bahwa Oil Com china akhirnya akan selalau membawa dan memakai servisec
company china lagi (mungkin masih satu bendera..beda bisnis unit), mulai
dari mudlogging, wireline, mud company, cementing company dll. Mereka
seperti melawan aqidah pasar yang berlaku saat sekarang yg melarang
monopoli, proteksi, dump harga.
Pertamina dulu juga melakukan hal yg sama, dengan anak perusahaan mereka
Elnusa yg menjadi support services untuk operasional mereka, namun untuk
saat ini Pertamina juga terjun mengikuti market trend, mereka tidak selalu
memakai anak perusahaan mereka untuk mendukung operasional mereka.

Cukup berat walaupun layak berharap keberpihakan pemerintah terhadap
perusahaan lokal,   dimana untuk beberapa sektor diluar migas saja
pemerintah sudah melepas kebijakan sesuai mekanisme pasar.