From: Muharram Jaya Panguriseng <muhar...@pertamina.com>
Date: Wed, 22 Feb 2012 04:57:00
To: iagi-net@iagi.or.id<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: RE: [iagi-net-l] BUMN buat siapa? --->Re: [iagi-net-l] Pertamina EP
 Temukan Cadangan Gas Baru
Seharusnya kalau BBM dan batubara mahal, PLN mulai dong melirik energy
alternative seperti geothermal, PLTN dan lain-lain. Kalau menunggu migas dan
batubara habis dari bumi pertiwi baru terpaksa kreatif ya sudah terlambat,
Negara keburu bubar. Memang migas itu "barang langka" yang seharusnya mahal,
dan diluar sana memang minyak adalah energi yang paling mahal, kok mgotot mau
pake bbm dan batubara dengan menginjak kaki teman, meminta harga murah. "Orang
yang tidak kaya tetapi memakai barang mahal pasti hidupnya susah", begitu kata
Pak Widjajono Partowidagdo.

Memang "kerjasama" sudah sedemikian susahnya di negeri ini, "PLN sdh mulai
melirik WP maupun WKP untuk memenuhi kebutuhan energi primernya", "PGN sampai
bersusah payah nyari blok2 migas sendiri", Pertamina pun sudah memproklamasikan
diri sebagai Perusahaan Energy (bukan lagi hanya perusahaan minyak) untuk
mencari energy alternative selain migas supaya gas dan bbm yang cadangannya
semakin menipis tidak dikonsumsi secara boros karena harganya disubsidi.
Nantinya bisa jadi Pertamina akan jual setrum juga, bahkan tim-nya sudah mulai
bekerja mempelajari peluang mengembangkan pemamfaatan energy angin sebagai
pembangkit listrik mikro.

Tapi saya masih optimis, kalau pengelolaan Negara semakin transparan maka
benang kusut diatas semakin mudah diurai, lha orang yang mengaku "bodoh" saja
dengan gamblang dapat mengurai solusinya kok he he he ... (piss atuh Pak
Andang). Tapi selama masih ada yang berorientasi untuk memperkaya diri dan
kelompok alias korupsi berjamaah maka lupakan mimpi itu.

Salam penuh harap,