From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Date: Fri, 5 Oct 2012 08:43:03
To: iagi-net@iagi.or.id<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: [iagi-net-l] Government entitlement apakah minimal harus 35 %
Pak Luthfi,
POD itu kan 'plan'-nya. Nah bagaimana dengan realitas setelah 30 tahun
berjalan. Apakah kita juga sudah tahu berapa realitasnya ? Berapa
keuntungannya. Tentunya juga perlu dilihat "risk" pada saat dahulu diajukan
PODnya. Kan tidak semua POD berjalan semulus realitasnya.
Nah kalau saja PSC-2 lama ini diketahui seberapa besar keuntungan dan
kerugiannya tentunya sebuah pembelajaran yang sangat bagus. Siapa tahu
investor2 Indonesia menjadi tertarik utk bisnis migas scr benar.
Jadi selain ada POD evaluation juga perlu ada Post-POD evaluation.
Dan yg lebih penting lagi sesuai dengan semangat keterbukaan, hasil
perhitungan ini transparan dan terbuka.

Evaluasi daya tarik investasi selama ini hanya dilihat sebelum
melakukannya. Saya yakin pengusahaan migas dan pertambangan di Indonesia
ini tetap menarik setelah dihitung realitasnya.

Rdp

On Friday, October 5, 2012,  <aluthfi...@gmail.com> wrote:

> Menghitungnya sederhana dan sudah dibuat software-nya, yang sering
membuat POD ribet itu karakter KKKS. Kalau cadangannya ekonomis, cost
development-nya dibesarkan agar diatas kertas terlihat lapangan itu
marginal, dan KKKS minta insentive. Kalau cadangannya kecil maka cost
development-nya dikecilkan agar terkesan ekonomis dan treshold yg 30% tadi
dapat tercapai. Biasanya kalau sudah disetujui POD-nya, KKKS mengajukan
revisi budget dengan berbagai alasan, harga pasaran jasa konstruksi dan
baja naik, dsb. Kalau ini dituruti pendapatan negara yg 30% tsb bisa turun
ke 26% atau lebih rendah.
> Ngadepin karakter KKKS yg demikian, Ya bppka/Dit MPS/bpmigas juga gak
bodo, lha kasus2 seperti ini diskusinya a lot dan makan waktu. Kalau sudah
begini KKKS teriak melalui IPA/media masa, proses persetujuan POD
birokratis dan berbelit, ya namanye usahe (KKKS). Ya inilah trade off
karakter KKKS dengan prudensial bppka/Dit MPS/bpmigas.

> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ________________________________
> From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
> Date: Thu, 4 Oct 2012 18:25:23 +0700
> To: iagi-net@iagi.or.id<iagi-net@iagi.or.id>
> ReplyTo: <iagi-net@iagi.or.id>
> Subject: Re: [iagi-net-l] Government entitlement apakah minimal harus 35 %
> Semestinya dapat dihitung balik. Berapa realitas penerimaan negara dan
kontraktor (kps) setelah satu periode kontrak. Tidak sulit utk
menghitungnya. Produksi setahun berapa, ongkos berapa, harga rata2 dalam
tahun berjalan berapa, split berapa, invest berapa dan realitas rvenue utk
negara dan kontrakstor bisa dihitung. Dengan dasar ini semestinya bisa
ditarik pelajaran. Realitas keuntungan perusahaan dan negara itu bisa
dijadikan patokan utk kontrak2 selanjutnya.

> Banyak blok2 yg sudah selesai masa satu periode kontrak. Mestinya kalau
mau dilakukan semua memungkinkan.

> Kalau enggan menghitung balik, asalkan diberi datanya, saya yakin IAGIpun
mampu melakukannya.

> Salam
>
> Rdp

terhadap gross revenu minimal 35%, kemudian diturunkan menjadi 30% untuk
bisa disetujuinya suatu POD.

ke-ekomomiannya ternyata tidak mencapai 35 %..
umpamanya penemuan gas di Lariang , minyak di Sekala Timur dsb.
kondisi khusus yang dapat diaplikasikan agar penemuan spt ini TETAP dapat
dilanjutkan oleh KKKS penemunya ?

--
*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke