Mohon penjelasan Mang Okim.  Yang melakukan eskavasi itu adalah para
arkeolog UI yang dipimpin Pak Ali Akbar.  Menurut Mang Okim apakah kelompok
petisi itu memang benar-benar menganggap Tim Arkeolog UI tidak kompeten?
Kegiatan mereka sepenuhnya didukung UI.  Kami dari tim geologi hanya
membantu mereka dalam interpretasi geologinya, seperti bagaimana membedakan
columnar joints yang masih dalam posisi alami atau tidak.  Atau apakah
material yang terlihat hasil pelapukan batuan atau bukan.  Atau apakah
tanah penutupnya tanah insitu atau timbunan atau longsoran dsb.  Mohon
hati-hati, nanti malah membantu mengadu domba. Untung Pak Ali orangnya
kalem-kalem saja, tapi kalo nanti pihak UI sebagai lembaga yang tersinggung
jadi lebih runyam.

--
Danny Hilman Natawidjaja
LabEarth - Geoteknologi  LIPI, Gd.70