MIXED COMMENTS Abah, Pak Ban,

Tiga isyu berbeda dicampurkan jadi satu. Hal berkaitan dengan Turangga Seta
dari gossip media massa tidak perlu dibahas, tidak ada kaitannya.  Hal Plato
dan Atlantis menarik tapi harus dibahas terpisah dengan pendekatan berbeda,
tidak terkait langsung dan bahkan tidak perlu ada kaitannya dengan penelitian
geologi-arkeologi di G Padang yg berbasis data survey lapangan.  Sebaiknya
menyederhanakan masalah bukan malah memblunderkan. Punden berundak dan piramid
itu hanya perguncingan istilah saja, engga substansial.  Arkeolog kita menyebut
Situs megalitik Lebak Cibedug sebagai punden berundak sedangkan jurnal luar
sering menyebutnya sebagai “Indonesian stepped pyramid”.

Kontroversi bawah permukaan Gunung Padang yang utama-kan mempertanyakan apakah
di bawah situs megalitik itu seluruhnya batuan alami atau masih lapisan
budaya/bangunan.  Yang Pak Ban lihat di G.Padang dan sama-sama kita diskusikan
adalah singkapan dari lapisan susunan batu columnar joint di bawah permukaan di
kotak-kotak gali dan juga pada  tebing bekas longsor yang dibersihkan dari
tetumbuhan yang menutupinya itu.   Nah, kenapa tidak dimulai dengan
mengomentari apakah lapisan batu columnar tersebut alamiah atau artifisial?
Kalau misalnya alamiah, lapisan batuan apa?  Terus matriks halus yang mengisi
ruang atau membungkus kolom-kolom batu itu matriks alamiah, hasil pelapukan
atau artifisial? Sebaiknya masalah geologi yang simpel ini dulu diuraikan pak
sebelum meloncat ke ruang-ruang bawah tanah.

Demikian pak.

Salam,

DHN

.