From: syafrul varrasya
Sent: Friday, 5 December 2014 11:41
To: gadtor...@yahoogroups.com; Id-android
Reply To: id-android@googlegroups.com
Subject: [id-android] WTA/OOT: penagihan ke perusahaan besar

Selamat siang all,

Mohon maaf sebelumnya kalau mengganggu jalumnya.

Saya memiliki sedikit permasalahan dalam penagihan ke sebuah perusahaan besar, karena dalam hal ini adalah perusahaan yg bergerak di bidang telekomunikasi jadi saya bertanya disini.

Sekitar 1,5bulan yg lalu saya di email oleh seseorang menanyakan pemotong kartu sim.
Karena sebelumnya saya pernah memasok barang tersebut ke perusahaan itu, jadi saya menanggapi ini sbagai order yg kurang lebih sama dengan order sebelumnya.

Lalu bergulirlah order dengan agak ribet karena harus membuat PO dan harus disertai persyaratan seperti SIUP, NPWP, dll.
Dan terbitlah PO dengan kesepakatan pembayaran 3minggu.

Proses pengiriman barang dari saya bahkan terbilang sangat kilat karena sudah saya persiapkan sebelum PO terbit.

Dan pada saatnya jatuh tempo pembayaran, saya hanya mengirimkan email tagihan biasa saja mengingatkan klo sudah jatuh tempo.

Saya diminta untuk mengirimkan invoice, dan saya buatkan invoice.
Saya juga diminta menandatangi PO yg dkirim ke email (bukannya PO ini harusnya ditandatangani sebelum pengiriman barang ya?)

Saya merasa agak ribet karena saya termasuk orang yg kurang mengerti surat menyurat dan tidak terbiasa berurusan dengan perusahaan besar dan dgn cara seperti ini. Order yg sebelumnya pernah berjalan, dibayar dengan cara cash stelah barang diterima.

sampai saat ini sudah sebulan lebih sejak tanggal disepakati masalah pembayaran, dan blm juga ada realisasi pembayaran.

Saya sudah mencoba meminta bantuan kepada seorang teman yg kebetulan bekerja di perusahaan tsb namun sepertinya beliau bukan di bagiannya jadi tidak bisa membantu banyak.

Pertanyaan saya:

Apakah saya berhak untuk menarik kembali barangnya? Bagaimana proses yg baik dan benar?
Karena buat saya lebih mudah menjual ulang ketimbang harus nagih2 terus menerus.

Apakah hal seperti ini bisa disebut sebagai wanprestasi?

Mohon masukan dari rekan2 yg mengerti.

Terima kasih

Info Lengkap >> tsel.me/halohybrid #KendalikanHidup
Kunjungi >> http://www.Qwords.com
Kontak Admin, Twitter @agushamonangan