Iya Om, saya pakai Xiaomi MiA1.
Dan MX Player nya yg Pro dan selalu langsung tempelin custom codec paling
lengkap.
Biar muter pelem mp4 ataupun mkv selalu bisa.
Selama ini belum nemu pelem mp4 atau mkv yg tidak bisa dijalankan oleh
mxplayer + custom codec. Dan selalu jalan nya baik, tanpa lag.
Pake hp yg agak jadul spt Samsung Galaxy Mega 6.3, Lenovo P780, juga gak
pernah masalah.

Dan baca2 Mediapad X1 mali450 harus nya bisa h.265.

Coba om ke Mxplayer > settings > decoder > custom codec (paling bawah)
tulisannya apa om?

Tolong cek juga, misalnya di HW+ video codec (under settings decoder),
apakah H.265 nya tercentang?