Mas, tadinya aku sdh lapor sama bendahara rumah eh istri: saya mau
give-up aja sekolahnya, soale masalah waktu yang serius jadi
kendala..... eh malah aku diomeli, lho wis kadhung hampir selesai kok mo
mundur, ndak bisa hrs diselesaikan! Ya nasib sekarang harus sering
bangun malam, sdh 4 week-end dilewati di rumah aja (enak juga jadi irit
BBM). Ya tadinya sekolah lagi just for killing time, kebetulan bisa
disambi, eh ternyata untuk tugas akhir ini, hrs spent banyak waktu....
hrs sering menyendiri (padahal sy senengnya guyub).

Masalah selebritis, wah itu mah tdk terpikir Mas, yang terpikir setelah
pangsiun (sekitar 7 thn lagi) saya inginnya back to campus, ngajar
seperti dulu lagi, jadi pengajar yang baik, mengajar hal-hal yang riil,
yang lebih membumi, menggabungkan antara teori dan kenyataan...... ini
yang merupakan masalah mendasar sistim pendidikan di sini. Juga
kelemahan di bidang perpustakaan dan laboratorium pendidikan,
perpustakaan seperti muzeum: buku-bukunya yang sdh uzur, laboratorium
moso 1 mikroskop dipakai 10 siswa (belum lagi ada SMA yg tdk punya
mikroskop, padahal ada pelajaran IPA/Biologi). Bagaimana membawa
siswa/mahasiswa belajar sambil bermain. Bagaimana menciptakan suasana
belajar seperti suasana bermain, bagaimana agar anak-anak membaca buku
matematika, seperti baca buku komik kesukaannya?.  Sudah berapa kali
Mendiknas berganti, banyak sekolah kondisinya tdk berubah. Paling tdk
dgn kembali ke kampus, saya bisa berkontribusi walaupun hanya setetes
embun........  Salam #Sugiarto