From: idakrisnashow@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Yamin Asrofi
Sent: 13 Desember 2005 14:03
To: idakrisnashow@yahoogroups.com
Subject: Re: [Ida-Krisna Show] Mohon Info Tentang Vaksinasi Influenza Untuk Haji

Dear Pak Chairul,

Kalau vaksin Meningitis memang sudah wajib dilakukan bagi calon jemaah haji, sedangkan vaksin influenza masih bersifat pilihan (optional), artinya boleh divaksin boleh juga tidak. Kebetulan stock produk vaksin influenza di Indonesia sedang minim sekali akibat permintaan global yang melonjak sejak adanya wabah flu burung. Ada 2 produsen vaksin influenza di Indonesia, yaitu Aventis Pasteur (distributornya Tunggal Sila Farma, tempat di mana saya bekerja), satu lagi Glaxo SmithKline distributornya Anugrah Argon Medica. Memang kalau di Saudi Arabia, jemaah haji sebaiknya divaksin influenza, karena sebagai upaya perlindungan atau pencegahan. Konon kalau di Arab sebagian besar jemaah haji akan terkena influenza, hanya unta saja yang bisa tahan. Vaksin influenza ini bisa melindungi kita dari flu sekitar satu tahun, meskipun tingkat keberhasilannya sekitar 75-80% saja. Stock diperkirakan baru tersedia pada bulan April-Mei 2006. Kalau pun tidak pergi haji, siapapun sebetulnya boleh divaksin influenza ini, karena harganya dengan biaya dokter sekitar 150.000. Kalau dengan perlindungan selama satu tahun, tetap akan lebih ekonomis divaksin daripada tidak. Bayangkan kalau dalam setahun kita terkena flu dua kali saja, berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk biaya dokter dan obat-obatannya. Sorry, sekaligus promosi ya...

Wassalam, Yamin Asrofi