Pak Chaerul,

Pertanyaan serupa pernah saya dan isteri lontarkan pada waktu kami sekeluarga ( 6 orang) 3 thn yl mau berangkat menunaikan ibadah haji. Selain harga mahal ( rp 150 ribu per orang ??) waktu itu, juga apakah ada manfaatnya dan harus....Pembibing kami waktu itu nyletuk, dan mengatakan bahwa di tanah suci, hampir semua jamaah mengalami batuk/flu, kecuali onta....

Cletukan tersebut kami buktikan memang terjadi, hampir anggota rombongan kami pernah terkena, bahkan sampai ada ya dibawa pulang, apa itu yang dinamakan flu dan batuk.

Jadi kami pribadi yang waktu itu tidak divaksin flu, berkesimpulan bahwa tidak perlu vaksin, tapi cukup membawa obat2an/jamu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga makan buah/jeruk setiap hari selama di tanah suci...buah2an cukup murah kok. Malahan, bapak saya yang umurnya 77 thn, sekarang 80 thn sehat walafiat (ex tentara) selama di tanah suci

Namun demikian, keputusan vaksin atau tidak tetap terserah anda...

Selamat menunaikan ibadah haji semoga jadi haji yang mabrur...Amien.

Salam,
Soejanto

chairul syahri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mbak Ida/ Mas Krisna dan IKS Listener....

Insya Allah, minggu ke-4 bulan ini saya+istri+ibu saya, akan menunaikan ibadah haji. Salah satu rekan saya menyarankan agar saya disuntik vaksin influenza karena musim dingin (saya sudah disuntik vaksin Meningitis - saya tidak mendapatkan info tentang vaksin influenza ini pada saat manasik maupun membaca dari beberapa buku). Info yang saya ingin dapatkan :
1. Apakah vaksin influenza tersebut diperlukan? (saya penderita sinusitis)
2. Apakah ada efek sampingnya?
3. Dimana saya bisa mendapatkannya, karena hari ini saya sudah menghubungi RS Pondok Indah, RS Internasional Bintaro dan RS Puri Cinere yang menyatakan bahwa mereka tidak punya stok vaksin.

Terima kasih sebelumnya apabila ada rekan2 yang membantu saya.

Chairul

Yahoo! Shopping
Find Great Deals on Holiday Gifts at Yahoo! Shopping

Yahoo! Shopping
Find Great Deals on Holiday Gifts at Yahoo! Shopping

Radio station advertising Satellite radio stations Cb radio base station
Weather radio station Radio station promotion Christian radio station