ini sekalian mengomentari yg roy dan eri :
yg jelas, emptiness dan nothingness itu berbeda..:-)
jika kita keluar dari 'waktu' di universe ini dan masuk dlm 'void', maka
waktu tetap ada, karena proses keluar masuk atau transisi dari ada ke
void itu jg
perlu waktu :-)
jadi waktu itu dianggap tidak ada, pada saat ketiadaan itu ada.
-
bagi saya, waktu itu cm tools utk mengerti ttg universe ini..
tools yg menarik karena kita akan mengerti banyak hal ttg hal2 yg
terjadi di sekitar kita..
tools ini bisa digunakan para spiritualist atau fisikawan utk
menjelaskan fenomena alam..
-
ivan
________________________________
From: [email protected]
[mailto:[email protected]] On Behalf Of heri
Sent: 31. maaliskuuta 2009 9:44
To: [email protected]
Subject: [Indo-StarTrek] Re: Misteri Waktu dlm kehidupan kita
ini juga bahasan menarik
time is time?
waktu yaaa.... waktu?
kata2 yg mudah dimengerti tapi susah dijelaskan atau
dideskripsikan
kalo digantikan spt ini: waktu = masa = kala, di kamus juga ada
dan ga menjelaskan dgn detil apa itu waktu :p
kalo ada yg jawab waktu sekarang menunjukkan pukul 10 pagi, itu
juga bukan konsep waktu yg kita cari, tapi cuma mengatakan kapan saat
hal itu dijawab
dan kalau sudah dijawab tepat pukul 10 pagi, bukankah 1 detik
kemudian sudah merupakan masa lalu?
jadi waktu itu apa? 4 dimensi atau sesuatu yg ada tapi ga bisa
kita lihat, rasakan, atau berada di luarnya? saya juga ga pernah bisa
dpt jawaban dan penjelasan yg memuaskan
kita ada dalam waktu tapi mungkinkah kita bisa keluar atau ada
di luar waktu? alias tidak dikuasai waktu? kalau iya, berarti keberadaan
kita jadi tidak ada dan kondisi kita mungkin jadi statis atau mungkin
kita masuk ke dalam Void?
kata Void ini pun saya juga ga jelas maksudnya apa. kekosongan,
ketiadaan (nothingness), kehampaan (emptiness) atau apa...pusing :p
thks
heri
--- In [email protected]
<mailto:indo-startrek%40yahoogroups.com> , "Alidjaja Ivan"
<ivan.alidj...@...> wrote:
> time = perception?
[Non-text portions of this message have been removed]