kata mayjen cockroach (republika lho yang ngasih
nama), tidak cukup 24 jam, juga tidak cukup
berhari-hari, mungkin berminggu-minggu. komen: bisa
berbulan-2 dan bertahun-2 (bisa lebih dari 24 tahun?
1999 - 1975 = 24 tahun). harapan kami hanya satu:
kedamaian di timtim dan hubungan yang baik ant ina dan
oz. kalau rusak, rakyat kecil yang menderita.

kalau disimak, yang diungkapkan media oz ada benarnya.
sewaktu mbah harto berkuasa, mereka koar-2, dan
kenyataan benar, mbah harto lengser, dan ketahuan kkn
meraja lela. media kita ada benarnya, kita sudah
berniat baik untuk memperbaiki diri, tetapi ditekan
terus. boro-2 niat jelek, niat baik saja dihantam.

so, semuanya benar. tidak ada yang salah. perbedaan
cara pandang ke dua bangsa saja yang berbeda. masih
ingat kata-kata puitis rudyard kipling 'east is east
and west is west, and never the twain shall meet'. dua
budaya yang berbeda tidak bisa sinergi, tetapi
perbedaan budaya perlu dimengerti. biarlah perbedaan
budaya berlangsung, yang penting perlu adanya langkah
yang sama dalam hal-hal yang praktis.

oleh sebab itu perlu cendekiawan seperti anda, yang
mampu menyamakan hal-hal yang praktis.