Baiklah mas Fahru, kalo demikian keyakinan anda.
Lana amaluna, walakum amalukum.
Saya tida bisa memaksakan keyakinan saya pada anda,
begitu juga sebaliknya.

Yang jelas dalam berhujjah dalam Al-Islam, saya
mengambil dengan urutan sbb:
1. Wahyu (Al-Qur'an)
2. Sunnah nabi yang sahih.
3. dll (ijma, qiyas. dll)

Untuk memahaminya saya menggunakan akal, tapi ketika
akal saya belum dapat memehaminya, saya terima tekstual
nash secara dogmatis, apalagi menyangkut Alloh, surga dan
neraka (akhirat, dan hal-hal yang ghaib).

Dalam Al-Qur'an memang banyak kata-kata 'Ulil Albab', semoga
umat Islam tidak salah dalam memahaminya.

Bahwa semua yang kita lakukan semata-mata hanya untuk
mendapat ridho Alloh, jelas!. Karena hal ini sudah
di ucapkan ketika kita membaca iftitah dalam sholat.

Bahwa semua bergantung sama Alloh, jelas!. Arsy-Nya saja
bergantung sama Alloh, apalagi makhluk lain yang ada dibawahnya.

Itu saja penjelasan dari aqidah yang saya yakini.

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Agus Safudi