Nah, ya itu tuh mas yg saya maksudkan dengan segala sesuatu itu terjadi atas kehendak ALLAH. Peristiwa pertemuan itu sudah terjadi to…. kita musti ikhlas terima apapun peristiwa…. lantas teringat firmanNYA ttg kezaliman manusia sendiri, teringatkan pula sabda Rasulullah tuk tak berpecah….. tetapi pada akhirnya toh terjadi juga khan…. Jadi ndak meleset ayat2 Allah maupun sabda RasulNYA. Pada detik kesadaran semacam itu maka apa yg bisa dilakukan diri ini selain cuman tunduk dan membenarkan Allah.

Untuk peristiwa yg akan datang gimana? Lha wong yang namanya pikiran JIL-modes itu sudah muncul sejak jaman kiwari kog. JIL = Jahil Ibnu Liar…. cuman gonta-ganti baju aja. Jahil pikiran itu apa obatnya mas…. ya tegakan kalimat ta’awudz sembari lakukan tadzkiyatun nafs, bersih-bersih diri, hati dan pikiran, agar tetap terjaga sinkron antara ucap dan laku perbuatan.

Kalo baca artikel tsb, sebetulnya ada yg lucu juga sih. Sampeyan tentu inget umat macam mana yg dituju dalam Qur’an yg sama-sama baca kitab tetapi ternyata saling berselisih, dan yg ini bahkan saling tuding segala dalam situasi yg panas-gerah…. di dalam sebuah mesjid lagi !!! dan udah gitu di dalam kampus yg notabene ngaku-ngaku golongan intelek. Itu apa ya ndak ada rasa takut sama Allah gitu….

Sekarang kalo digunakan istilah “pemurtadan”, walah…. gantian saya yang malah jadi bingung. Siapa yg memurtadkan dan siapa yg dimurtadkan? Bukankah mereka2 itu dari kalangan intelektual-terpelajar… situasi belajar, berdiskusi, berdialog….. lantas siapa yang mengancam siapa yaa? Saya rasa itu memang maunya mereka sendiri. Lha wong mereka maunya memang begitu…. ya sudah lah…. kan memang ndak ada paksaan dalam beragama to, dan mereka pun sudah menyadari hal itu. Jangan salah ya mas, mereka itu orang-orang pinter lho… cuman saya nya aja yang masih tetep bodoh….. J

Mendingan saya diskusi di milis ini sama sampeyan daripada jauh2 dateng ke ciputat cuman buat dengerin orang berantem.

Lumayan… udah lama nggak begadang, gini hari enaknya rebus indomie kali yaa.. he..he..he…

Wassalam,

Dewa Gede Permana