Hmmm jadi tertarik nimbrung opini juga :-)

Membahas bagus jeleknya performance Exchange sebagai mail server,
kalau kriterianya kecepatan kirim dan terima e-mail di user, banyak
faktor yang harus dipertimbangkan.

Contoh di komputer lab, dengan Microsoft Virtual Server 2005, saya
install 1 server Exchange 5.5, 2 server Exchange 2003, dan 2 client
dengan Outlook 2003. Saat saya kirim internal e-mail ke 200 users,
saat itu juga sampai di Outlook 2003 yang saya buka di client. Saat
saya kirim external e-mail, Message Tracking menunjukkan e-mail
dikirim ke luar via SMTP dalam sekejap pula. Stress test menggunakan
Exchange Stress and Performance (ESP) tool, dengan CPU mentok pun
Exchange tetap dengan senang hati memproses e-mail tanpa berhenti.

Toh bukan berarti performance Exchange sempurna :-)

Kebetulan profesi bikin saya tiap hari nemu'in berbagai mail server
dalam environment yang berbeda-beda. Walau terutamanya Exchange,
saya juga nemu produk enterprise (Lotus Domino, Novell Groupwise,
Oracle Collaboration Suite, HP OpenMail) dan open source (Qmail,
Sendmail, PostFix, Exim).

Kalau e-mail diibaratkan barang dagangan yang harus dikirim ke
pelanggan, mail server ibarat gudang tempat barang dagangan tsb
dikirim dan diterima. Bagus kalo gudang tersebut ok proses
penerimaan, pengepakan, dan pengirimannya. Tapi kecepatan sampainya
barang tsb ke pelanggan juga tergantung dari:
- Kualitas fisik gudang, cukup gak buat naruh barang (hardware)
- Kualitas jalan yang digunakan, mulus gak (network bandwidth)
- Macet atau lancarnya jalan tsb (network traffic)
- Kendaraan yang digunakan (protocol)

Contoh komputer lab saya, kualitas fisik gudangnya jelek (satu
server maksimal kebagian 160MB memori), tapi kerjanya ringan dan
jalanan yang dipake super mulus, ya performancenya cepat.

Biarpun kualitas gudangnya ok, tapi kerjanya memang berat dan
jalanan yang dipakai banyak macet, ya pasti ada penurunan
performance. Biasanya dalam deployment, Exchange selain mail server
juga punya fungsi groupware, alias ngurusin barang dagangan lain
kayak Public Folders, kalender buat meeting; storage; pengolahan
informasi pelanggan; address list generation; journaling; de el el.
Tapi penurunan performance relatif jarang saya temui juga, kecuali
konfigurasinya menyimpang jauh dari best practice atau ada aplikasi
lain yang menghambat :-)

Dan kalo bicara best practice, di sini manusia di belakang mail
server yang paling penting, baik yang mengintegrasi (Integrator) dan
mengadministrasi (Administrator).

Kalau Integrator yahud desain & implementasinya, dan Administrator
rajin cek kesehatan dan optimisasi servernya, bisa kayak salah satu
klien, persh security lumayan gede, yang selama 8 tahun terakhir
pakai 2 server Exchange 5.5 untuk nanganin ribuan e-mail per menit,
ga termasuk spam.

Oh BTW, di kantor, performance Exchange ok lho :-) Kirim e-mail ke
rekan-rekan setim, ga sampe sedetik semua nerima. Padahal server-
server Exchange kantor luar biasa sibuk kerjanya, salah satunya
musti ngurusin 4 juta e-mail per hari buat salah satu bos :-)

Gitu dulu sumbang opini saya, thanx!

Best Regards,
Defianto P. Ilham

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Harnanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> HARAPKAN (opini boleh kan) apalagi mengingat harganya yang nggak
bisa
> dibilang murah itu.
>
> Menurut saya yang bagus itu kalau kirim ke lokal begitu 'sent' ya
sudah
> langsung nyemplung ke mailbox tujuan (hampir seketika). Apalagi
kalau
> bisa kirim ke semua user juga bisa cuman sekedipan mata saja
(tergantung
> matanya siapa juga sih..uehe.he..).
>
> Jadi sama sekali nggak perlu perbandingan soalnya kalau
dibandingkan pun