On 7/18/05, Mpu Gondrong <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya cukup baca2 saja komentar yg ada. Artikel tsb sudah cukup
> menjelaskan masalah font di Linux. Sayangnya memang, distribusi Linux
> umumnya menonaktifkan BCI dan koleksi fontnya tidak sebaik Mac atau
> Windows. Untuk Indonesia, paten s/w sptnya bukan masalah.

Family Bitstream Vera sumbangan Bitstream Inc. sudah nyaman di mata
dibandingkan jaman linux belum mengadopsi fontconfig (koleksi font
yang ada terbatas pada format BDF sumbangan URW dan antialias belum
diimplementasikan)

jadi masalah koleksi font hanyalah masalah dukungan vendor atau
designer font kepada kalangan open source

> Dlm email yg lalu saya telah mencoba engine freetype 2 dgn BCI, tapi
> ya masih ada yg kurang sreg dibanding Windows.

biar lebih netral coba anda buat screenshot di windows dengan
menggunakan font keluarga Lucida dari Java (ambil saja dari direktori
Java Runtime Engine, copy ke folder Fonts windows)

juga buat macosx buat screenshotnya, jadi penilaian fokus terhadap
font-renderer bukan desain fontnya

karena milis ini tidak boleh ada attachment, silakan kirim japri ke saya,
dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya melalui blog (sertakan
informasi antialiasnya default atau cleartype)

oh ya, untuk screenshot silakan buat screenshot halaman ini
http://yulian.firdaus.or.id/test-font-engine.php (tentunya setelah
font family Lucida terinstall terlebih dahulu di sistem anda)

--
Jay adalah Yulian --  http://yulian.firdaus.or.id/

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com