Fuiihhh... banyak banget tanggapan dari rekan2... thanks banyak atas
semua saran, masukan sampai rekomendasi dari rekan2 disini. Dari
semuanya saya bisa ambil kesimpulan untuk mengaplikasikan wireless
ataupun kombinasi wired dan wireless (maaf untuk konfig #2 memang
seharusnya backbone pakai wired untuk tiap lantai pakai wireless)
maka yang perlu diperhatikan adalah :
1. Security issues, hmm saya kok malah melupakan tentang ini ya... lha
   kalau udah wireless khan setiap komputer yg udah punya wlan bisa
   masuk ke jaringan. Thanks sudah diingatkan oleh bung Jimmy...
   rasanya masalah security ini harus dijadikan pertimbangan utama.
2. Kecepatan untuk wireless masih sangat rendah dibanding UTP.
3. Sekat antar ruangan yang bisa menjadi penghalang sinyal.
4. Cost, terutama untuk PC kebanyakan pasti belum include WLAN padahal
   kalau untuk LAN udah tersedia... onboard malah... :-)

Sementara selain hal2 diatas enaknya pakai wireless mungkin :
1. Setupnya gak bikin capek. Memang bener apa yg dibilang sama bung
   Ferial setup LAN itu yg bikin capek banget emang narik2 kabelnya.
2. Lebih rapi... gak ada kabel seliweran.

Nah untuk troubleshoot antara wired (UTP) dan wireless gimana menurut
pengalaman rekan2???

Untuk masalah Linux VS Windows... buat rekan2 mohon kiranya JANGAN
JADI POLEMIK di milis ini ya... karena biasanya kalau udah nyinggung
ngomongin 2 OS itu trus jadi polemik... hehehe... Terus terang kalau
pakai Linux jelas saya yg diuntungkan karena bisa jadi case untuk
belajar... hehehe... Mungkin ada beberapa pertanyaan sekitar Linux yg
akan saya sampaikan di thread tersendiri biar gak campur aduk.

--
Best regards,
 Handoko                            mailto:[EMAIL PROTECTED]