Justru itu saya ungkapkan sisi lain dari cara mencari kerja. Anda punya
pikiran "yang penting kerja dulu". Pernah terpikir ngga, ada jutaan orang
pengganguran di Indonesia yang punya pikiran sama dengan anda? Kenapa sebuah
perusahaan mesti memilih anda, bukan orang lain? Cek email saya yang lain,
saya katakan, lihat dari sisi perusahaan, bukan sisi anda.

Coba pikir skenario ini:

Ada 5 orang pelamar, termasuk anda, punya pikiran "yang penting kerja dulu".
Pada saat interview, perusahaan tanya gaji yang diminta, anda minta 1 juta
per bulan, yang lain minta dibawah 1 juta per bulan. Karena semua pelamar,
termasuk anda, tidak punya Achievement, tolong jawab, kenapa perusahaan
mesti pilih anda yang minta gaji 1 juta per bulan? Dengan kondisi begitu,
bukankah lebih baik jika perusahaan pilih pelamar yang minta paling rendah?
Kalau skenario ini terulang di perusahaan-perusahaan yang lain, bukankah itu
berarti anda tidak bakal diterima?

Anda ngga punya Achievement? Ngga salah tuh? Coba pikirin lagi deh. Apakah
materi blog anda bisa muncul sendiri? Bukankah artikel-artikel pendek yang
muncul disitu bisa diolah menjadi sebuah nilai tambah dalam mencari kerja?
Aktif di milis yang berkaitan dengan profesi anda, apakah itu bukan
Achievement?

Ngga kerja bukan berarti ngga punya Achievement :-)

Salam
Albert