Semua antivirus ber merek umumnya sama saja.. untuk virus2 yang lama
mungkin masih bisa di basmi, tetapi kalo virus yang baru mereka butuh
waktu untuk mengeluarkan update nya (ya masak update virus nya sudah
keluar sebelum virus nya release kan ya ajaib donk) apalagi
penyebarannya sekarang udah cepat..

nah solusinya selain mengandalkan antivirus juga perlu di sebarkan
pengetahuan mengenai pencegahan virus masuk, baik melalui model
penyebaran hingga identifikasi dll contohnya memberitahu user agar
berhati hati apabila menerima email dengan subject aneh atau tidak
dikenal dsb, atau berhati hati dalam mengkopi atau mengakses file dari
media orang lain.

Kayaknya cara ini lebih efektif daripada mengandalkan antivirus, bukan
berarti AV itu tidak penting, AV juga sangat berguna apabila kita
kesulitan untuk membersihkan virus tsb secara manual :) . CMIIW

Oke semoga barokah.. oh ya maaf kalo yang ngerespon orangnya dikit,
abis lagi pada ngurusin PEMBAJAKAN.. WOiii jangan marah2 yang gak ada
sebabnya donk.. coba deh di baca lagi masalahnya.. (kayaknya cuman
masalah pemahaman aje deh)

--
:: pArMin ::