----- Original Message -----  From: "Icuk" <[EMAIL PROTECTED]> Sent:
Wednesday, April 12, 2006 12:23 PM

> Rekan ITers,

Pak Zul Irfan Ysh,

> Saya punya rencana untuk merestrukturisasi jaringan lokal yang ada di
> kantor saya.
> Untuk itu saya butuh seorang (atau team juga boleh) konsultan yang bisa
> mendesign suatu konfigurasi jaringan yang secure dan effisien.

Jadi anda memutuskan memilih di outsourcing kan yah, restrukturisasi LAN
anda. It's Ok, globalisasi merupakan suatu hal yg tak dapat dihindari. Sama
aja dengan sebuah LAN yg terhubung dgn internet, bukan? :-)

> Nantinya bayangan saya yang harapkan dari sang konsultan adalah:
> - melakukan design konfigurasi jaringan internal, maupun jaringan yang
> digunakan untuk produksi
> - memberikan rekomendasi perangkat (tambahan) yang dibutuhkan (brand,
tipe)
> - melakukan setting dan instalasi jaringan yang diusulkan (dan disetujui)
> beserta perangkatnya

Semua Planning MIS selalu mempunyai output demikian bahkan lebih kompleks
dari itu hingga mencakupi Policy2, Software2 dan UserList. Jadi bukan hanya
mencakupi hardware semata :-)

> Yang menjadi target akhir dari redesign ini adalah:
> - peningkatan security secara optimal, baik untuk jaringan di lokalnya
> maupun secure dari ancaman dari luar

Tetap anda akan butuh seorang Engineer utk memonitor jaringan anda agar
secure, kualitas Engineer bergantung pada knowledge dan experience yg dia
miliki. Otomatis berpengaruh pada salary yg mampu anda bayarkan.

Bagi seorg IT Profesional salari (7-8 jt standard gaji Network Engineer
berpengalaman) dan tantangan kerja merupakan 2 hal yg signifikan. Bukan
besar ato kecilnya skala perusahaan. Dan sudah bisa di pastikan bila sistem
hanya bergantung pada hardware + OS tidak akan aman dari ancaman luar.
Sekalipun anda menggunakan segala hal yg anda kira secure :-)

> - effisiensi jaringan, termasuk penggunaan perangkat, kapasitas bandwidth,
> dll
> - kedua hal diatas tentunya tanpa mengorbankan performansi sistem
> keseluruhan.

Anda kira dgn security optimal dan efisiensi perangkat ato bandwidth
menurunkan performansi sistem? Bisa aja kok performansi optimal kalo saja
kita bisa tepat menempatkan pada porsi-nya

> Lama pengerjaan: termasuk instalasi dan uji coba, diharapkan tuntas dalam
> waktu 3 bulan.

Apakah waktu tsb udah baku? Utk dapetin Info Policy perusahaan dari level
manajemen aja udah rese, mending kalo mo diajak kerjasama, nah kalo gak?
hehehehe....gak janji deh

> [...]
> 2 (tinggi atau jauhnya bisa dibayangin sendiri ya..)
> - server produksi ada sekitar 30an server.
> - posisi server ini terbagi di 2 lokasi terpisah, yaitu di lokasi kerja
> utama dan di lokasi mesin operasional yang berjarak k.l. 1 kilometer
(garis
> lurus) dari lokasi kerja utama.
> - mayoritas server ada di lokasi ke-2 (lokasi mesin operasional) yang
> relatif 'unman' (tanpa operator di tempat). Jadi semuanya dimonitor di
> lokasi 1.
> - perangkat router, catalyst dan firewall yang digunakan saat ini adalah

Diliat gambaran kondisi sepertinya saya sudah pernah datang kekantor anda
untuk topik lowongan ini, kantor anda di Menara Thamrin, Jl. M.H Thamrin
Kav.3, bukan? bila salah saya mohon maaf.

> Kualifikasi konsultan yang diinginkan minimal adalah sbb:
> - mempunyai pengalaman yang cukup dalam melakukan design dan instalasi
> jaringan di perusahaan besar.

Sebuah pengalaman tidak bisa hanya dgn tulisan indah diatas CV atau company
profile kecuali dapat dibuktikan dgn kerja nyatanya.

> - mempunyai sertifikasi CCNA

Ingat CCNA hanya sebuah ijasah bukan parameter utama, banyak sudah org dgn
predikat tsb terbukti tidak mampu implementasikan format planning ke kerja
nyata :-)

> - mempunyai komitmen dan tanggungjawab untuk menyelesaikan pekerjaan dgn
> tuntas dan baik.

Seorang Profesional pasti sadar akan hal ini, karena dia akan selalu jaga
reputasi dirinya/korporatnya

> Jika ada yang berminat, silakan reply ke japri.
> Tolong dapat dilengkapi (wajib) dengan:
> - penjelasan identitas diri dan pengalaman dalam hal di atas, sedetil
> mungkin

Kalo perkiraan saya diatas benar, berarti anda kenal siapa saya :-)

> - perkiraan kasar harga yang diinginkan, berdasarkan keterangan kebutuhan
> saya di atas.

Begini Pak, saya hanya berharap kalau saya bisa jadi pegawai dan atau jadi
pegawai kontrak dengan catatan gaji saya dipertimbangkan pada range (7-8)
dan diberikan bonus pada saat proyek selesai. tentang tantangan kerja dan
kebutuhan teknis saya rasa saya layak dan mampu untuk melakukannya.

> - penjelasan gambaran metodologi kerja yang digunakan jika terpilih
> nantinya

Saya rasa sulit untuk mendapatkan orang yang benar-benar berpengalaman dalam
pengerjaan proyek anda dan bukan berarti tidak. Umumnya sih mereka meminta
dengan gaji tinggi (7-8 jt standard gaji Network Engineer berpengalaman) dan
juga meminta bonus ketika proyek selesai.

> Mohon maaf, yang akan saya response adalah yang menurut perkiraan saya
> cocok dengan kebutuhan dan kualifikasi yang saya tetapkan saja.

Saya juga mohon maaf kalo ada yg salah, dgn tak bermaksud apapun. Saya hanya
mau memohon pada anda untuk salah satu pilihan tersebut dan saya sangat
yakin Bapak bisa menerima kondisi tersebut (standard kerja dan
professionalisme dalam kerja dan tanggungjawab). Mengingat perusahaan anda
baru 6 tahun, bukan? jadi saya perkirakan anda lagi giat2nya bebenah
manajemen, kan? :-)

> Demikian, terima kasih atas bandwidthnya.
>
> Salam,
> :: Icuk ::

Wassalam

Eko Budhi