> Mas jadi mo ikut nanya ni..???
> kalo penghitungan Rp 3/kb itu kalo buka e-mail2 ato browsing and surfing
> jatohnya lebih murah ato lebih mahal dibanding yang itungnya per waktu???

===== Sebagai analogi...

Saya per-menit bisa download hampir 1 MB... kalo 1 KB = Rp 3, maka saya uda
harus bayar minimal Rp 3000 per-menit :)

Buka detik.com yang ratusan KB isinya (karena banyak flashnya), bisa lebih
dari seribu perak? Murah? ;)

Di sisi lain, chatting MSN satu jam paling ga sampe 1 MB. Chatting 1 jam
dengan biaya < Rp 3000. Murah? ;)

Kalo saya pribadi, kalo browsing dan download pake Fren (akses VPN ke CBN)
yang time based... kenanya Rp 165/menit.

Kalo chatting, pakenya yang volume based... kenanya Rp 2/KB.

Jadi tergantung kebutuhan Anda... untuk browsing/download, mending pake yang
time based... untuk chatting mending pake volume based.

> Trus juga masalah bandwidth, bisa sampe 230 kbps tapi kenapa malah
> disaranken ke 115 kbps???

===== Itu yang ngomong salah pengertian antara kecepatan Internet dengan
kecepatan kabel data/IrDA... no comments deh... yang namanya bandwidth
Internet itu diatur ama ISP (dalam kasus ini, diatur ama Indosat/StarONE
atau Mobile8/Fren). Kita enggak bisa seenaknya mau atur ke 230 atau 115...
kalo bisa atur gitu mah saya maunya pake T1 aja yang 1 Mbps lebih :D

> Sekalian deh nanyanya, untuk modottel WTE-320 ada yang punya kabel data
and
> drivernya ga, pengen coba juga ni pake starone???

===== Bisa dicari di Roxy.

Sincerely,
Jimmy Auw.